Los Angeles – Penyanyi dan bintang pop terkenal Michael Jackson dinyatakan meninggal dunia Kamis (26/6) di rumah sakit Los Angeles. Penyebab kematian Jackson belum diketahui pasti. Jackson ditemukan tak bernafas ketika paramedik Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles datang ke rumahnya sekitar pukul 12:30 siang. Paramedik melakukan resusitasi kardiopulmonari (CPR) kepada Jakson dan melarikannya ke UCLA Medical Center. Demikian penjelasan Steve Ruda dari Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles kepada Associated Press.

Kematian Jackson membawa akhir tragis dari karir seorang bintang pop yang mencapai puncaknya pada tahun 1980an, ketika ia dan lagu-lagunya mendominasi tangga lagu-lagu dunia, ketika aksinya di berbagai panggung membuat para fansnya histeria. Album Jackson Thriller yang dirilis pada tahun 1982 yang antara lain berisi lagu hit Beat It, Billie Jean dan Thriller masih tetap merupakan album paling laris sepanjang zaman, dengan lebih dari 26 juta kopi terjual.

Jackson diingat oleh para fansnya sebagai pemanggung yang manari-nari sambil memegang bagian dalam pahanya, penyanyi dengan suara yang melengking, suka mengerang, merintih dan tertawa cekikikan. Sarung tangan tunggalnya, jaket gaya militer dan kaca mata Ray-bannya menjadi trade mark khusus Jackson.

Dalam beberapa hal ia sejajar dengan Elvis Presley dan The Beatles sebagai sensasi pop terbesar sepanjang zaman. Ia menikah dengan Lisa Marie, putri Elvis Presley, tetapi tidak berlangsung lama.

Tahun-tahun terakhir diwarnai dengan sosok Jackson yang semakin aneh. Suaranya menjadi mirip suara perempuan; ia dikelilingi dengan anak-anak di pondokannya di Neverland. Ia juga sering menggunakan masker pencegah kuman ketika sedang bepergian. Salah satu temen terdekatnya adalah Bubbles seekor simpanse kesayangannya.

Pada tahun 2005 dia dibebaskan dari tuduhan pelecehan seksual yang terjadi pada tahun 2003 terhadap anak laki-laki berusia 13 tahun yang sedang menderita kanker di Neverland. Dia dituduh memberikan minuman alkohol kepada anak itu dan melakukan pelecehan terhadapnya. Kasus ini menjatuhkan citra, reputasi dan karir Jackson, diikuti dengan masalah keuangan serius.

Sebenarnya Jackson sedang mempersiapkan apa yang mungkin merupakan pertunjukan comeback terbesarnya: 50 pertunjukan di London, dengan pertunjukan pertama direncanakan pada tanggal 13 Juli. Dia sedang berlatih di Los Angeles untuk konser tersebut, sebuah pertunjukan yang dimaksudkan untuk mengingatkan kembali pertunjukan Jackson pada masa-masa keemasannya.

Ratusan orang berkumpul di luar rumah sakit ketika berita kematiaan Jackson mulai menyebar. Sisi masuk darurat di UCLA Medical Center, yang dekat dengan rumah sewaan Jackson kelihatan dipasangi garis polisi.

“Saudara saudari sekalian, Michael Jackson baru saja meninggal,” kata seorang perempuan yang baru saja naik bis di Manhattan memberitahukan kepada para penumpang lain.

Di alun-alun Times di New York, isak tangis yang tertahan kedengaran dari kerumunan manusia ketika layar besar mengeluarkan pengumuman kematian Jackson.

“Bukan main-main. Si Raja Pop telah tiada. Wow,” Michael Harris dari New York membaca sms dari seorang temannya. “Sama seperti ketika Kennedy dibunuh. Saya akan selalu ingat sedang berada di Times Square ketika Michael Jackon meninggal.”

Jackson meninggal pada usia 50 tahun. (AP/brk/*)

Facebook Comments