Hasil Rapat Muspida Sumut: Pilpres dan Pileg Nisel Tidak Dilakukan Bersamaan

Saturday, June 20, 2009
By nias

Medan – Musywarah pimpinan daerah (Muspida) Sumut tetap bersikukuh agar pelaksanaan pilpres dan pileg ulang di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) tidak dilakukan bersamaan. Akibatnya Muspida gagal menetapkan kapan pelaksanaan pilpres dan pileg ulang tersebut.

“KPUD Sumut akan menentukan jadwalnya melalui rapat pleno untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta (KPU Pusat). Begitu juga dengan keinginan Muspida tentang pelaksanaan pileg dan pilpres yang tidak bersamaan waktunya,” ujar Gubsu Syamsul Arifin kepada para wartawan seusai mengikuti rapat Muspida plus di Ruang Beringin Lantai 8 Pemprop, Jumat (19/6).

Gubsu yang saat itu didampingi Kapolda Irjen Pol Badrodin Haiti, Sekda Propsu RE Nainggolan, menyatakan bahwa pemisahan pelaksanaan itu dikarenakan persoalan teknis menyangkut pileg ulang dan pilpres itu sendiri, seperti pemberian dan perhitungan suara.

Gubsu pun yakin kalau KPU dan Pemerintah Pusat mengerti akan situasi yang dihadapi Sumut. “Mereka pasti memahami kalau Muspida Sumut lebih memahami situasi di Sumut, termasuk di Nisel,” ujar Gubsu.

Selain itu, Gubsu menyatakan bahwa Kapolda Irjen Pol Badrodin Haiti telah menyatakan komitmennya untuk mengerahkan para perwira setingkat Kombes Pol terjun langsung ke Nisel untuk mengamankan jalannya pelaksanaan pileg ulang dan pilpres di Nisel.

“Nanti kemungkinan akan ada bantuan tambahan jika dibutuhkan seperti bantuan transportasi dan bantuan teknis lainnya,” kata Gubsu.
Mengenai DPT, Gubsu menyebutkan pileg ulang tetap menggunakan DPT lama, sementara pilpres menggunakan DPT baru. (SIB, 29 Juni 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2009
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930