Percepat Logistik Pemilu Ulang Nisel

Thursday, June 18, 2009
By nias

MEDAN-Pelaksanaan pemilu ulang di Nias Selatan (Nisel) masih menemui banyak hambatan. Karenanya KPUD Sumut meminta komitmen tinggi dari semua pihak baik penyelenggara, peserta pemilu dan masyarakat.

“Kalau tidak ada komitmen dari para penyelenggara, mulai dari KPUD, PPK, PPS, KPPS, parpol, caleg dan masyarakat Nisel, maka hasilnya akan sia-sia,” kata Pelaksana Ketua KPUD Sumut, Turunan B Gulo kepada wartawan di kantornya, Selasa (16/6). Menurut Turunan, penyelenggaraan pemilu ulang yang bersamaan dengan pilpres akan memunculkan banyak persoalan dari sisi penyelenggaraan. Hampir tidak ada solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut.
Contohnya, persoalan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu legislatif dan Pilpres yang berbeda sehingga ada kemungkinan pemilih yang terdaftar dalam DPT pilpres namun tidak terdaftar dalm pemilu ulang. Masalah lain, lanjut dia, kemungkinan pemilih yang terdaftar di TPS berbeda.

Persoalan lain, kata Turunan, adalah kemungkinan tidak antusiasnya pemilih untuk mengikuti pemilu ulang. Konsentrasi pemilih hanya kepada parpol yang mendapat 2,5 persen suara nasional (parliamentary trashold). “Yang jelas niat MK untuk memutuskan pemilu ulang sebagai rekonstruksi pemilu legislatif yang sebenarnya tidak bakal terwujud,” katanya.

Turunan mengingatkan, karena waktu pilpres hanya sekitar 22 hari, idealnya penyediaan logistik untuk pemilu ulang harus segera disediakan. Karena untuk distribusi logistik keNisel membutuhkan waktu tidak sedikit. “Berdasarkan pengalaman pemilu legislatif lalu, distribusi ke pulau-pulau batu itu sering terkendala karena kondisi geografis yang sulit,” katanya.

Selain itu, kata Turunan, untuk penyediaan logistik seperti formulir, tanda pengenal dan logistik lainnya yang ditanggungjawab oleh KPUD Sumut juga harus dilakukan dengan penunjukan langsung. “Kalau ditenderkan maka tidak ada waktu lagi,” tandasnya. (Sumut Pos Online: www.hariansumutpos.com – 17 Juni 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2009
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930