WASHINGTON (NO) – Presiden AS Barack Obama mengatakan Senin (15/6) ia melihat ‘gerakan positif’ dalam pidato Perdana Menteri Netanyahu yang menerima solusi dua negara bagi penyelesaian konflik Israel – Palestina. Namun Obama masih tetap mendesak agar Israel menghentikan pembangunan permukiman baru.

Dalam pidatonya di depan Knesset Israel Minggu (14/6) Benyamin Netanyahu menerima prinsip yang didukung AS berupa pendirian negara Palestina. Namun Netanyahu mengaitkan penerimaannya dengan sejumlah syarat yang langsung ditolak oleh Palestina.

“Saya pikir ada gerakan positif dalam pidato Perdana Menteri,” kata Obama.

Obama juga melihat kemungkinan memulai lagi perundingan damai yang sungguh-sungguh antara Israel dan Palestina. Namun ia mendesak agar Israel menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat yang didudukinya dan mendesak Palestina menghentikan kekerasan terhadap negara Yahudi itu.

Dalam pidatonya pada hari Minggu (14/6) Netanyahu menerima pendirian negara Palestina dengan syarat Israel diberikan jaminan internasional sebelumnya bahwa negara tersebut akan bebas dari kekuatan militer. Netanyahu juga masih tetap ingin melanjutkan pembangunan permukiman Yahudi di daerah-daerah yang diduduki Israel. (RTR, *)

Facebook Comments