Tokoh Pemuda Sumut Tegaskan, Jangan Kuatir Soal Tuntutan Pemekaran

Monday, June 1, 2009
By nias

Medan – Tokoh Pemuda Sumut asal Nias Aswan Waruwu SE menegaskan kepada semua pihak agar jangan terlalu kuatir terhadap adanya tuntutan pemekaran, karena tujuan pemekaran itu murni percepatan pembangunan serta peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemekaran itu demi peningkatan pembangunan, sehingga diharapkan jangan ada lagi memandang negatif terhadap adanya pemekaran Kabupaten Nias dan Nisel (Nias Selatan) menjadi lima kabupaten/kota, ujar Aswan Waruwu SE yang juga Wakil Sekretaris DPW PAN Sumut itu kepada wartawan, Jumat (29/5) di Medan.

Dalam kaitan ini, Aswan mengajak seluruh elemen masyarakat Nias / Nisel untuk tidak ragu-ragu mendukung pembentukan Kabupaten baru, yakni Kabupaten Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli (sebagai pemekaran dari Kabupaten Nias dan Nisel).

Pemekaran Nias dan Nisel menjadi lima daerah itu diyakini semata-mata demi mengejar ketertinggalan Nias dari Kabupaten lain yang ada di Sumut. Jadi masyarakat tidak perlu merasa kuatir, kata Aswan.

Ditegaskannya, Kabupaten Nias saat ini masih terisolir dan tertinggal, sehingga jalan satu-satunya untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat hanya dengan pemekaran, agar kelima Kabupaten/Kota saling berkompetisi memajukan daerahnya.

Aswan Waruwu juga berharap agar masyarakat Nias/Nisel yang telah sukses di perantauan ikut serta mendorong hasil pemekaran yang telah dilakukan, mengingat pembentukan lima kabupaten/kota itu atas dasar semangat dan kesepakatan masyarakat secara bersama.

Begitu juga para penjabat Bupati/Walikota yang dilantik Mendagri di Jakarta, seperti Penjabat Bupati Nias Utara Tolu Aru Hulu (sebelumnya Kepala BKD Nias), Penjabat Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli (sebelumnya Kadis Perikanan Nisel) dan Penjabat Walikota Gunung Sitoli Martinus Lase (staf ahli Gubsu) untuk benar-benar menjalankan tugas dengan baik.

Kita berharap kepada pejabat ini dapat segera mempersiapkan struktur pemerintah sekaligus menyahuti dan mempersatukan masyarakat hingga ke jenjang pemerintahan yang definitif nantinya, katanya.(SIB, 30 Mei 2009)

2 Responses to “Tokoh Pemuda Sumut Tegaskan, Jangan Kuatir Soal Tuntutan Pemekaran”

  1. 1
    Martin Says:

    saya tidak anti dengan pemekaran, tp menurut saya pemekaran bukanlah jawaban satu-satunya masalah kemiskinan di Nias, justru yg terjadi pasca pemekaran adalah terciptanya lahan korupsi baru bagi penguasanya.

  2. 2
    Robaeli Ndruru Says:

    Bagus Juga saudara mempunyai pandangan dan keinginan seperti itu. tapi bukankah ajakan seperti itu sifatnya bombastis? apakah dasar anda atas ajakan itu? Bukankah kemiskinan dan ketertinggalan di NIas hingga saat ini diakibatkan oleh ketidakpedulian atau ketidakmautahuhaun pemerintah daerah NIas di dalam mengembangkan potensi yang ada di daerahnya? …..
    wahwah sungguh memprihantinkan perkembangan Daerah Nias kita hingga saat ini. P. Nias memiliki potensi Wisata yang sangat luar biasa, tapi bagaimana perkembangan dan penanganannya hingga saat ini? Pemekaran daerah jika tidak diiringi dengan kemampuan personilnya serta keiinginan yang murni untuk membangun NIas, rasanya hanya menimbulkan masalah yang baru tanpa menemukan pemecahannya. Rob NDruru (USD- PBI Jogja)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2009
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930