Boediono Pendamping SBY pada Pilpres 2009

Saturday, May 16, 2009
By nias

Bandung (NO) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku calon presiden dari Partai Demokrat memilih Boediono – yang baru saja mengundurkan diri sebagai Gubernur Bank Indonesia – sebagai calon wakil presiden untuk maju pada pemilihan presiden bulan Juli mendatang. Pemilihan Boediono sebagai pasangan SBY dianggap sebagian kalangan sebagai sinyal kepada masyarakat bahwa SBY akan menjadikan isu ekonomi sebagai fokus utama perhatian pemerintahannya seandainya pasangan ini terpilih kelak.

Menurut Yudhoyono, Boediono adalah seorang muslim yang baik, jujur, sederhana, konsisten dan toleran. Yudhoyono yakin bahwa Boediono sebagai wakil presiden akan mampu mendampinginya untuk mengatasi krisis ekonomi dengan baik dan mampu membangun pemerintahan yang bersih, responsif dan bebas dari korupsi.

Dalam sambutannya, Boediono mengatakan pemerintahan yang bersih dan program anti korupsi yang konsisten merupakan hal yang sangat penting.

“Indonesia membutuhkan pemimpin yang tidak dicemarkan oleh suap … pemimpin yang tidak mencampurkan kepentingan republik dengan bisnis keluarga,’ kata Boediono di tengah massa yang mengikuti acara deklarasi pasangan SBY-Boediono secara antusias.

Boediono adalah Menteri Kordinator Bidang Ekonomi sebelum diangkat menjadi Gubernur Bank Indonesia. Boediono dan Menteri Keuangan Sri Muyani mengendalikan arah perekonomian Indonesia di tengah krisis keuangan dunia, yang menurut perkiraan akan tumbuh sekitar 4 persen tahun ini dan 6 persen tahun 2010.

Sebelumnya diperkirakan SBY akan kembali berpasangan dengan Jusuf Kalla pada pemilihan presiden mendatang. Namun ‘koalisi’ ini retak dan akhirnya Golkar mendeklarasikan Jusuf Kalla sebagai calon presiden partai berlambang beringin itu pada 23 April 2009 lalu. Jusuf Kalla akan berpasangan dengan mantan jenderal Wiranto. (brk/)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2009
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031