PEMILU 2009 — KPU Sumut Siap Pecat KPU Tapteng

Thursday, April 30, 2009
By susuwongi

Medan, Kompas – Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara Irham Buana Nasution menyatakan siap memecat anggota Komisi Pemilihan Umum Tapanuli Tengah, yang terbukti terlibat dalam kecurangan pemilihan umum di daerah tersebut. Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara telah membentuk tim pencari fakta yang salah satu tugasnya adalah menginvestigasi dugaan penggelembungan dan jual-beli suara di Tapanuli Tengah.

”Kalau nanti di Tapteng (Tapanuli Tengah) ditemukan KPU Tapteng melanggar kode etik, tidak netral dan tidak jujur, sesuai kewenangan undang-undang, KPU Sumut bisa memberhentikan mereka. Kami sekarang bekerja sama dengan Panwaslu Sumut sedang menelusuri dugaan kecurangan pemilu di Tapteng,” ujar Irham di Medan, Rabu (29/4).

Tim pencari fakta (TPF) akan dipimpin anggota KPU Sumut Divisi Hukum, Surya Perdana. Selain menginvestigasi dugaan penggelembungan dan jual-beli suara di Tapteng, TPF, lanjut Irham, juga akan menyelidiki beberapa dugaan kecurangan di Nias Selatan, Deli Serdang, Langkat, dan Batubara. Daerah-daerah tersebut, menurut Irham, mendapat perhatian khusus dalam kerja TPF.

Khusus untuk dugaan kecurangan pemilu di Tapteng, Irham mengatakan, KPU Sumut telah menginstruksikan KPU Tapteng mengumpulkan semua formulir rekapitulasi suara di tiap tingkatan. ”Kalau memang terjadi perbedaan dan ini disengaja oleh penyelenggara, tindakannya jelas. Kami punya kewenangan memberhentikan KPU Tapteng,” katanya.

Selain bekerja untuk menyelidiki berbagai tindakan kecurangan di daerah, TPF KPU Sumut juga akan menginventarisasi permasalahan di seputar daftar pemilih tetap. (BIL)

Sumber: Kompas

One Response to “PEMILU 2009 — KPU Sumut Siap Pecat KPU Tapteng”

  1. 1
    rey alfalin Says:

    KKN, Penipuan, Intimidasi, ABS, bukanlah hal yang baru di tapteng, penguasa adalah raja dan bentuk pemerintahannya adalah monarki. sebagian besar rakyat tapteng sekian lama di bodohi, terlebih 8 tahun terakhir. sungguh memprihatinkan, bisa jadi rumors di atas benar.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2009
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930