KPPS Lõlõ’ana’a Diadukan ke Panwaslu Terkait Penggelembungan Suara Caleg Kabupaten Nias

Monday, April 20, 2009
By nias

Gunungsitoli – Para saksi Partai Politik peserta Pemilu mengadu ke Panwas Kabupaten Nias membuat laporan keberatan terkait adanya tindakan KPPS Desa Lõlõ’ana’a Gidõ Kecamatan Gidõ Kabupaten Nias melakukan tindak pidana Pemilu dengan menggelembungkan suara salah seorang Caleg Partai untuk DPRD Kabupaten Nias.

Surat keberatan tersebut ditandatangani oleh Osarao Ndraha saksi dari Partai PAN, Matius Zendratõ saksi dari Partai PKPB, Firman Agus Telaumbanua saksi dari PPRN, jurkam Purba Aceh saksi dari PKS, April Yoman saksi dari PDS dan Arotodo Waruwu menandatangani di atas meterai 6.000. ditembuskan kepada KPUD Kab.Nias, Panwaslu Kecamatan, PPK Kecamatan Gidõ, Kapolres Nias tertanggal 17 April 2009.

Dalam laporan tersebut menyatakan bahwa pada rekapitulasi yang dilaksanakan oleh PPK Kecamatan Gido pada Tgl 16 April 2009 yang seharusnya perolehan suara dari salah satu Partai No Urut I di Format C dan CI perolehan suara hanya 31 suara ternyata setelah dilakukan rekapitulasi di PPK jumlah perolehan suara sebanyak 131 suara.
Setelah terjadi penggelembungan suara diprotes oleh saksi Partai Politik dari PKDI an. Arotodo Waruwu SPd telah meminta kepada PPK untuk membuka C2 (plano ) namun tidak dihiraukan oleh PPK.

Sehubungan dengan tindakan KPPS dan melapor ke Panwaslu Kecamatan dan Panwas Kecamatan Marthin Buaya menyurati PPK ternyata PPK Kecamatan Gido mengakui bahwa 131 bukan 31, dengan adanya surat PPK maka Panwas Kecamatan menyampaikan laporan ke Panwas Kab.Nias, katanya pada SIB Sabtu 18 April 2009.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Ketua Panwas Nias Drs AS Telaumbanua melalui telepon seluler pihaknya mengakui telah menerima laporan dari Panwas Kecamatan Gidõ dan atas laporan tersebut Panwas Nias sedang mengadakan pertemuan untuk rapat pleno atas tindak pidana pelanggaran pemilu tentang penggelembungan suara salah seorang Caleg DPRD Kabupaten Nias dan kalau sudah lengkap dalam waktu dekat akan kita limpahkan ke Polres Nias untuk ditindaklanjuti, katanya.

Ketua LSM RCW Cabang Kabupaten Nias Hotnarius Telaumbanua meminta Panwas kiranya segera merespon kasus tersebut dan dilimpahkan ke Polres Nias dan ini merupakan pelanggaran tindak pidana pemilu. Tidak perlu didiamkan kasus tersebut untuk menjadi pelajaran kepada KPPS yang terlibat, katanya pada SIB Sabtu (18/04) di Gunungsitoli dan berharap kepada kepolisian supaya menindak KPPS serta meminta KPUD mencoret nama Caleg yang digelembungkan suara tersebut sesuai mekanisme yang berlaku harapnya. (SIB, 20 April 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2009
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930