Bangunan Puskesmas Bawõlato Diterlantarkan, Pasien Dilayani di Halaman Puskesmas

Wednesday, April 8, 2009
By nias

Bawolato – Dalam kunjungan kerja ke Nias dan Nias Selatan, Anggota DPD RI Asal Sumut Parlindungan Purba, SH,MM menyempatkan diri untuk menyerahkan kursi roda kepada warga masyarakat Kecamatan Bawolato sekaligus mendengarkan keluhan masyarakat.

Dalam laporan masyarakat tersebut tercetus bahwa sudah hampir 3 tahun mereka berobat di halaman puskesmas Bawõlato. Padahal, gedung puskesmas bantuan BRR tersebut sudah hampir rampung.

Namun sampai hari ini bangunan puskesmas tersebut belum juga selesai dan diserahterimakan kepada pemerintah kabupaten Nias untuk difungsikan melayani masyarakat kecamatan Bawolato yang ingin berobat jalan atau rawat inap.

Menurut Camat Bawolato Ogamota Telaumbanua,SH selama ini masyarakat yang datang berobat dilayani di halaman puskesmas dan di teras rumah staff puskesmas Bawõlato.

“Kita sangat kewalahan kalau ada pasien yang harus di rawat inap, sementara hampir 2 tahun lebih masyarakat kita layani di halaman puskesmas,” paparnya.

Kami sangat mengharapkan bantuan dari DPD RI, lanjutnya terutama untuk mendesak BRR agar segera menyelesaikan gedung puskesmas Bawõlato.

Dokter puskesmas Bawõlato dr. Yuniarman Waruwu juga sangat berharap agar pembangunan puskesmas tersebut segera dirampungkan. Masyarakat yang datang berobat selama ini hanya bisa dilayani seadanya saja.

Untuk melihat langsung keberadaan puskesmas Bawõlato yang masih terbengkalai, Parlindungan Purba ditemani camat dan warga masyarakat langsung menuju lokasi.

Di lokasi terlihat gedung yang dibangun oleh BRR tersebut sebenarnya sudah hampir rampung. Ada ruangan untuk perawatan, ruangan laboratorium dan ruangan pendukung lainnya. Di belakang ada bangunan rumah dinas dokter yang juga belum dirampungkan.

Di dalam ruangan puskesmas yang sudah hampir rampung tersebut ada coretan-coretan seperti “Jangan Sengsarakan Rakyat”, “Mana Janjimu untuk Menyelesaikan Puskesmas ini” dan kalimat-kalimat lainnya. Ini adalah merupakan luapan emosional masyarakat karena tak kunjung siapnya gedung puskesmas tersebut.

Melihat situasi puskesmas yang dibiarkan begitu saja oleh pemborongnya, Parlindungan menyampaikan bahwa permasalahan puskesmas tersebut akan segera disampaikan ke menteri dan BRR sebagai pelaksana pemulihan Aceh dan Nias pasca gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

“Puskesmas adalah merupakan salah satu sarana paling penting dan sangat vital bagi masyarakat terutama dalam menjaga kesehatan mereka,” tegasnya.

Oleh sebab itu, tambahnya Pemkab juga perlu mendesak BRR agar segera menyelesaikan pembangunan gedung puskesmas Bawõlato demi untuk kepentingan masyarakat.(www.hariansib.com – 8 Maret 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2009
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930