Para pemimpin dunia telah berupaya mencapai kesepakatan bersama menghadapi krisis keuangan terburuk sejak tahun 1930an dalam pertemuan negara – negara anggota G20 yang berlangsung London, Kamis 2 April 2009.

Para pemimpin berusaha mencari langkah – langkah yang tepat untuk memulihkan perekonomian dunia dan memperkuat sistem keuangan agar terhindar dari masalah yang serupa.

Walau pada mulanya terdapat perbedaan pendapat yang tajam di antara anggota G20, kesepakatan pada akhirnya dihasilkan.

Setelah demonstrasi di London, hari Rabu (1/4), semakin banyak aksi protes menentang G20 selama berlangsungnya pertemuan itu. Pengamanan diperketat di Gedung Excel Centre, London’s Docklands tempat berlangsungnya pertemuan G20 itu.

Menjelang pertemuan tingkat tinggi ini, selisih pendapat terjadi antara pihak Prancis dan Jerman yang menyarankan untuk membuat peraturan yang lebih ketat untuk memulihkan ekonomi global, dengan pihak Amerika dan Inggris yang beranggapan dana tambahan dari pemerintah akan membantu mengatasi krisis ini.

Sebelum pertemuan, Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, sempat mengancam akan keluar dari pertemuan jika G20 tidak memberikan hasil yang nyata.

Salah satu masalah alot yang dibahas adalah jumlah dana tambahan bagi Dana Moneter Inetrnasional (IMF) untuk membantu negara – negara yang paling terkena dampak krisis ekonomi global.

Protes makin meluas
Polisi mengatakan 5,000 demonstran melakukan protes sampai malam hari, pada hari Rabu (1/4).

Satu orang pria pingsan dan akhirnya tewas, kata polisi.

Para demonstran melakukan kampanye damai walau pada akhirnya sejumlah demonstran menyerbu RBS (The Royal Bank of Scotland) dan berkelahi dengan polisi. Polisi mengatakan 32 orang ditahan dalam insiden ini dan satu orang polisi harus dirawat di rumah sakit karena menderita luka – luka.

Enam pasukan polisi merupakan bagian dari protokol pengamanan yang dipimpin oleh London’s Met dengan dana pengamanan sebesar £7.5m.

Para demonstran terdiri dari para anti kapitalis, aktivis lingkungan dan anarkis, yang menginginkan perubahan ekonomi global yang dijalankan saat ini.
Resesi ini telah semakin memburuk semenjak pertemuan pemimpin G20 akhir November lalu di Washington.

Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia memperkirakan ekonomi dunia menciut untuk pertama kali tahun ini dalam puluhan tahun terakhir.

G20 merupakan kelompok negara-negara ekonomi utama dunia, yang mencakup 90% keluaran ekonomi dunia, 80% perdagangan dunia dan dua pertiga dari populasi dunia. (bbc/brk/mp*)

Facebook Comments