STP Dian Mandala Keuskupan Sibolga akan Menggelar Seminar Nasional di Nias

Monday, March 30, 2009
By nias

Gunungsitoli – Seminar Nasional Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala Gunungsitoli Keuskupan Sibolga akan dilaksanakan, Senin 30 Maret 2009 yang diikuti 625 peserta dari Sibolga, Tapteng, Nias dan Nias Selatan.

Hal itu dikemukakan Ketua Panitia Yohanes Bohalima SAg didampingi Sekretaris Panitia D Karolina Simatupang dan Ketua STP Dan Mandala Stefanus Y Zebua kepada sejumlah wartawan di Kantor Yayasan Jumat, di Jalan Karet Gunungsitoli.

Ketua STP Dan Mandala Stefanus Y Zebua pada penjelasan mengatakan STP Dian Mandala telah dinyatakan mandiri oleh Pemerintah melaluI Dirjen Bimas Katholik Depag RI Drs Stef Agus dalam SK tertanggal 13 Agustus 2008 dan telah diresmikan pada tgl 26 Agustus 2008 sesuai dengan surat keputusan No.Dij.IV/Hk.005/137/2008 tgl 13 Agustus 2008 tentang pemberian izin operasional Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Dian Mandala Gunungsitoli Keuskupan Sibolga Propinsi Sumatera Utara.

Bidang ilmu yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala adalah pendidikan jurusan Pastoral Kateketik, program Ilmu Pastoral Kateketik dengan jenjang pendidikan strata satu (Sarjana Agama).

Dari kajian statistik diketahui bahwa total kekurangan guru agama Katolik di Dekanat Nias, Kabupaten Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli sebanyak 183 orang dan kabupaten Nias Selatan sebanyak 300 orang. Kekurangan guru Dekanat Tapanuli mencapai 130 orang dan data akurat masih dalam penantian, jadi di seluruh Keuskupan Sibolga kekurangan 613 guru agama Katolik.

“Inilah tugas STP Dian Mandala mendidik membina dan mempersiapkan calon guru agama Katolik di seluruh keuskupan Sibolga dan harapan kami Pemda akan tetap membuka formasi agar mereka semua suatu waktu menjadi guru PNS”, kata Zebua.

Untuk memperkokoh keberadaan STP Dian Mandala maka diadakan terobosan seperti terbitnya buletin STP Dian Mandala, sekali 2 bulan dan akan terbit jurnal Kampus dengan nama Magistra 2 kali setahun membentuk panitia untuk meghimpun data dan informasi untuk pengurusan pada BAN-PT sedang dibangun gedung baru di Jalan Nilam No 4 masih dalam tahap penyelesaian diperkirakan bisa difungsikan pada Juni yang akan datang.

“Dalam pelaksanaan seminar ini kita hadirkan panelis yang bertaraf Nasional yakni Fidelis Elisati Waruwu MSc Ed Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta. Kedua Antonius Atosokhi Gea STh MM, seorang dosen psikologi di Univ Tarumanagara Jakarta yang sedang menyelesaikan studi jenjang S3”, katanya.

Dana untuk seminar nasional diperoleh dari berbagai sumber Pemda Nias, Dit Jen Bimas Katolik, Keuskupan Sibolga, partisipasi peserta dan sumbangan sukarela umat. Kepada mereka semua STP Dian Mandala menghaturkan ribuan terima kasih dan kepada kedua pembicara diucapkan terimakasih, istimewa karena rela datang membawakan ceramah tanpa mengharapkan honor.

Harapan panitia kiranya peserta dapat hadir pada pukul 8.30 WIB tepat karena acara dibuka oleh Bupati Nias karena setelah itu dia meresmikan sekolah di Kecamatan Idano Gawo, kata ketua panitia. (SIB – www.hariansib.com – 29/03/2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031