Jembatan dan jalan rusak di Nias terus bertambah

Monday, March 30, 2009
By nias

MEDAN – Tingkat kerusakan dan jumlah ruas jalan di Nias dan Nias Selatan semakin banyak setelah sempat mulus ketika Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BBR) beroperasi di kabupaten itu pasca tsunami dan gempa.

“Jalan rusak antara lain terdapat di Kecamatan Lahusa, sepanjang jalan menuju Kecamatan Gomo. Tidak hanya jalan rusak, beberapa jembatan menuju Nias Selatan juga sudah banyak yang rusak,” kata anggota DPD RI utusan Sumut, Parlindungan Purba, di Medan, tadi sore.

Dia berbicara sepulang dari kunjungan ke Nias dan Nias Selatan dan mengaku menyaksikan jalan dan jembatan rusak itu, termasuk berdialog dengan warga yang mengeluhkan infrastruktur yang tidak memadai itu.

Menurut dia, pemerintah kabuapten Nias dan Nias Selatan termasuk Pemerintah Provinsi Sumut harus segera memperbaiki jalan-jalan dan termasuk jembatan yang rusak itu.

“Selain untuk kepentingan warga, juga untuk bisa menghemat anggaran pembiayaan kerusakan jalan dan jembatan,” katanya.

Apalagi, kata dia, Nias dan Nias Selatan yang masih merupakan daerah yang belum terlalu maju dibandingkan daerah lain di Sumut dan memerlukan dukungan infrastruktur yang lebih baik untuk bisa maju. Dengan jalan dan jembatan rusak, harga berbagai barang juga bertambah mahal di daerah itu sehingga akan semakin membebani kehidupan warganya.

“Warga Gomo misalnya mengeluhkan lamanya jarak tempuh dari dan ke Gomo dan lebih mahalnya harga sembako di daerah itu akibat pemasok memperhitungkan biaya transportasi yang lebih besar karena jalan rusak,” kata Parlindungan yang mencalonkan diri lagi sebagai anggota DPD RI pada Pemilu tahun ini. (www.waspada.co.id – 29/03/2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031