KPUD Sumut kirim logistik Pemilu ke Nias

Tuesday, March 3, 2009
By nias

MEDAN – KPUD Sumatera Utara beberapa hari ini segera mengirim logistik pemilu ke Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan (dua kabupaten di Pulau Nias yang dikelilingi Samudera Hindia).

“Mulai Jumat (6/3) ini kita akan mengirim kotak dan bilik suara ke Nias dan Nias Selatan,” ujar anggota KPUD Sumut Bidang Logistik, Nurlela Djohan di Medan, tadi malam.

Ia mengatakan, kotak dan bilik suara yang bakal dikirim ke Kepulauan Nias merupakan bagian dari bekas logistik Pemilu 2004 yang direlokasi dari Kota Medan.

“Nias dan Nias Selatan membutuhkan sekitar 6.000 unit kotak dan bilik suara dan kita akan memasoknya secara bertahap mulai minggu ini,” katanya.

Nurlela menyebutkan, KPUD Sumut mendahulukan pendistribusian ke Kepulauan Nias karena alasan geografis, mengingat daerah itu berada di perairan barat Pulau Sumatera atau di Samudera Hindia.

“Lebih cepat tentu lebih baik bagi Nias karena kita tidak ingin ada masalah distribusi di kemudian hari. Kita merelokasi kotak dan bilik suara dari Kota Medan, karena pengadaan kotak dan bilik suara yang baru rencananya penandatanganan kontrak Selasa (3/3) ini,” jelasnya.

Penandatanganan kontrak pengadaan kotak dan bilik suara itu dilakukan dengan PT Subur Jaya yang memenangkan tender senilai Rp3 miliar lebih. Perusahaan yang beroperasi di Bekasi, Jawa Barat itu akan memproduksi sekitar 19 ribu unit kotak suara dan 40 ribu unit bilik suara untuk kebutuhan seluruh kabupaten/kota di Sumut.

“Perusahaan besar itu telah menyatakan kesanggupannya memproduksi kebutuhan kotak dan bilik suara untuk Sumut hanya dalam tempo empat hari,” ujarnya.

Pada bagian lain Nurlela mengatakan KPUD Sumut hampir tidak menemui kendala berarti dalam proses produksi maupun distribusi logistik pemilu. Sejauh ini pihaknya juga sudah menuntaskan pengadaan sebagian dari 12 item logistik pemilu yang menjadi tanggung jawab KPUD Sumut, seperti formulir, balpoin dan gembok/kunci.

“Bahkan semua formulir yang dicetak di Medan sudah masuk ke gudang KPUD, sementara formulir yang dicetak di Pekanbaru dijadwalkan masuk Selasa (3/3),” ujarnya.

Selama periode 10-25 Maret mendatang KPUD Sumut ditarget dapat menuntaskan proses produksi sekaligus distribusi semua jenis logistik pemilu yang menjadi tanggung jawabnya. Sementara untuk lima item logistik pemilu lain yang menjadi tanggung jawab KPU Pusat, yakni surat suara, tinta. (Waspada Online-www.waspada.co.id, 02/03/2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031