Gunungsitoli – Menteri Lingkungan Hidup Propinsi Tuscani Italia Mr Marco Betti meresmikan pusat multi fungsi SDN 070989 Hilinaa Gunungsitoli, Senin (23/2).

Disebutkan, Pemerintah Tuscani Italia menyatakan bahwa proyek ini merupakan langkah awal yang sangat inisiatif dalam menjalin kerjasama dan memiliki arti yang begitu besar. “Kami bangga bahwa segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan sekarang kita telah memiliki sebuah sekolah yang baru,” katanya.

Ditambahkan, poyek ini merupakan bentuk kontribusi yang diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak dari targedi gempa bumi dan tsunami. Proyek ini telah memberikan sesuatu yang lebih seperti hubungan kerjasama yang erat antar kedua negara.

Dua negara yang berada di dua belahan dunia yang berbeda tetapi dapat menjalin kerjasama dalam mewujudkan sesuatu yang sangat penting dan berharga bagi masyarakat, katanya.

Bukti nyata kerjasama yang positif yang telah dilakukan dapat kita saksikan secara bersama-sama yaitu peresmian pusat multi fungsi SDN 070989 Hilinaa Gunungsitoli Sumut.

Pemerintah Tuscani Italia berencana untuk mengembangkan informasi dan pengetahuan tersebut melalui penerbitan sebuah buku yang diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa yang di dalamnya menjelaskan tentang proyek Asia Pro Eco. Sejalan dengan petunjuk dari Uni Eropa yang menganggap perlu adanya penyebarluasan informasi dan pengetahuan sebagai langkah awal pengaplikasian di lapangan, ujarnya.

Sementara itu, Gubsu H Syamsul Arifin SE pada sambutan tertulis yang dibacakan oleh wakil Gubernur Sumut Gatot Pudjonugroho mengucapkan terimakasih kepada Propinsi Tuscani Italia dan komisi uni eropa yang telah bekerjasama dan membantu pemerintah Propsu melalui sekretariat NRG4SD focal point Asia yang berada di bawah payung badan lingkungan hidup propsu untuk membangun pusat multi fungsi SDN Hilinaa dan melakukan pelatihan penyebaran pengetahuan tentang teknik bangunan tahan gempa yang berkelanjutan dan penerapannya pada proses konstruksi kepada masyarakat Nias dan Nisel dalam mengimplementasikan program Asia Pro Eco Project IIB POST-Tsunami.

Bupati Nias Binahati B Baeha SH menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Italia dan Uni Eropa. (SIB, 24/02/2009)

Facebook Comments