JAKARTA (Nias Online) — Sekitar pukul 03.00 dinihari (Rabu, 18/2), kantor Bupati Kabupatan Nias Selatan (Nisel) mengalami kebakaran. Beberapa warga yang dihubungi di Teluk Dalam membenarkan kejadian itu. Api menghanguskan ruang Kepala Bagian Keuangan, Kepala Bagian Hukum dan aula. Walau tidak menimbulkan korban jiwa, namun diberitakan banyak dokumen penting di dalam kedua ruangan kantor tersebut hangus terbakar. Saat ini pihak kepolisian dari Polres Nisel sedang melakukan penyelidikan. Belum diketahui besar kerugian akibat kebakaran tersebut.

Dihubungi terpisah, kepada Nias Online, anggota DPR RI yang juga berasal dari Nias Selatan Arisman Zagõtõ membenarkan kejadian itu. Dia juga sangat memrihatinkan dan menyayangkan kejadian itu disaat pemerintah daerah Nisel sangat membutuhkan ruang perkantoran. Dia menjelaskan, saat ini pembangunan kantor Bupati baru sedang dilaksanakan karena kekurangan ruangan dan juga masalah tanah. “Justru kantor yang ada terbakar begitu saja,” kata dia.

Dia juga merasa heran dengan posisi kejadian kebakaran, yakni kantor Kabag Keuangan dan Kabag Hukum yang hanya berjarak tiga blok dari ruang kerja Bupati Nisel. Menurut dia, kedua ruangan itu, saat ini sedang menjadi pusat sorotan masyarakat karena menyimpan banyak dokumen penting. “Kejadian itu patut mengundang pertanyaan dan kecurigaan apakah kejadian ini alami atau ada unsur kelalaian bahkan kesengajaan. Atau ada motivasi menghilangkan dokumen yang terindikasi terkait dengan masalah hukum atau sekedar cari kambing hitam di saat tingginya intensitas unjuk rasa masyarakat,” jelas dia.

Karena itu, dia mendesak aparat kepolisian mengusut penyebab kebakaran tersebut terutama meminta pertanggungjawaban pemerintah daerah Nisel selaku pemangku manfaat. (ssw*)

Facebook Comments