Pernyataan Dewan Pers tentang Sinar Indonesia Baru dan Aksi Kekerasan di Medan

Wednesday, February 11, 2009
By nias

Dewan Pers merasa prihatin atas aksi unjuk rasa pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap), pada 3 Februari 2009, yang mengakibatkan kematian Ketua DPRD Sumatera Utara Drs. H. Abdul Aziz Angkat. Tragedi tersebut menyulut aksi masyarakat yang menuntut agar Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) dibredel. Harian SIB dianggap menjadi corong pihak pendukung Protap dan turut memicu aksi kekerasan melalui pemberitaan yang provokatif. Dewan Pers perlu menyampaikan hal-hal berikut untuk menjadi perhatian aparat hukum dan masyarakat umum.

Tragedi akibat unjuk rasa Protap di Medan hendaknya tidak menggoyahkan komitmen aparat dan masyarakat untuk tetap menjunjung kemerdekaan pers. Dewan Pers mengecam keras penyalahgunaan pers untuk kepentingan propaganda politik, namun menolak pembredelan pers karena bertentangan dengan UU No.40/1999 tentang Pers.

Kasus yang terkait dengan penyalahgunaan atau pelanggaran etika pers, yang dituduhkan terhadap Harian SIB hendaknya diselesaikan melalui mekanisme seperti diatur dalam UU Pers. Dewan Pers sedang melakukan kajian atas pemberitaan Harian SIB dan dugaan keterlibatan sejumlah pengelola harian tersebut, dan segera akan mengeluarkan penilaian dan rekomendasi atas persoalan tersebut.

Aparat dan masyarakat diharapkan dapat lebih proporsional dalam melihat kaitan tragedi kekerasan unjuk rasa di Medan dengan dugaan penyalahgunaan pers sebagai sarana propaganda. Kekerasan yang terjadi di Medan diharapkan tidak melahirkan kekerasan baru serta tidak memunculkan ancaman bagi kemerdekaan pers.

Jakarta, 10 Februari 2009

Dewan Pers

Prof. Ichlasul Amal, M.A.
Ketua

Sumber: Situs Dewan Pers, 10/2/2009.

7 Responses to “Pernyataan Dewan Pers tentang Sinar Indonesia Baru dan Aksi Kekerasan di Medan”

  1. 1
    david Says:

    mudah-mudahan semakin cepat selesai persoalan protap ini..

  2. 2
    meiji Says:

    cocok sekali jika SIB di BREDEL,krn Pers harus independen bukan provokatif ! akhirnya jd pelajaran bagi semua insan pers. Siapapun akan meluhat bahwa ini ada proyek2 “kepentingan” bagi segelintir orang, apalagi dia punya “corong” yg dpt mempropagandakan tujuan yg telah disisipkan dlm protap

  3. 3
    Tambun Hutabarat Says:

    Kita mengambil makna dari kejadian, bukan menutup perjuangan pihak yang menginginkan perubahan. Berbagai media elektronik dan media cetak juga banyak seperti Harian SIB ini misalnya MetroTv dan Harian Sindo untuk perjuangan kebenaran dan kemanusiaan.GBU

  4. 4
    Fenueli Zalukhu Says:

    Makanya sudah sejak lama saya MALES MEMBACA SIB.

  5. 5
    samegera-era Says:

    Lo, yang punya SIB kan keluarganya si Chandra GMP. Jadi SIB dipakai untuk propaganda.

  6. 6
    S.G. Says:

    Pak Zalukhu,

    Kelihatanya Pak Zalukhu dulunya salah seorang penggemar SIB. Saya juga dulu penggemar SIB. Setiap kali sebelum aku naik bis Makmur atau Sibual-buali, aku menyempatkan diri membeli koran SIB dulu. Lumayan, membunuh waktu di atas bis sambil membaca SIB sangat mengasyikkan.

    Aku paling suka cerita-cerita bersambung macam Aek Sibundong dulu, atau karikatur Nasib Si Suar Sair-nya Selwyn Siagian, atau Abang Jampang. Pokoknya, tanpa membaca SIB sehari saja rasanya dunia ini hambar sekali.

    Itu kisah dulu.

    Akhir-akhir ini, saya tidak begitu lagi bersemangat membaca SIB. Kalau pun aku sedang di lapo tuak melihat SIB tergeletak di atas meja, aku tak berselera meliriknya.

    Bisa jadi karena sudah banyak pilihan lain, tetapi barangkali lebih dari itu. Isi SIB akhir-akhir ini terlalu ‘norak’. Susah mengatakannya …

    Kita tetap berharap bahwa suatu saat nanti, SIB bisa bangkit kembali sebagai surat kabar yang sejuk dan digemari kembali oleh masyarakat Sumatera Utara.

    Salam hormat,

    S. G.

  7. 7
    perhatian Says:

    menurut saya, kita tidak perlu menyalahkan satu pihak atas kematian ketua DPRD SUMUT, tapi mari kita belajar dan mengambil hikmah dari apa yang sudah terjadi. kita jadikan semua itu sebagai acuan untuk berbenah diri dalam melakukan yang hal apa saja dalam mencari dan mendatangkan yang terbaik. pertanyaannya adalah : kenapa kita harus menyalahkan surat kabar….? bukankah itu (SIB) sebuah media massa yang berfungsi untuk memberi informasi……?
    yang kedua….. I hope mari kita saling mendoakan agar kita di berkati oleh Bapa yang di surga supaya Dia selalu beserta kita baik dalam melakukan apapun lebih-lebih mengenai fenomena yang terjadi baru-baru ini.

    eventually, mohon maaf atas kesalahan dan trimakasih atas perhatian,,,,,,,,,,,,,,YAAHOWU,,,,,,!

    regards,

    Perhatian

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728