Meriah, Acara Deklarasi Persatuan Nias Selatan Batam dan Sekitarnya

Friday, January 30, 2009
By Berkat

Batam (Nias Online) – Acara Deklarasi Persatuan Nias Selatan di Batam yang dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2009 di Pacific Palace Hotel – Sei Jodoh Batam berlangsung dengan meriah. Sebelum acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB itu, masyarakat Nias telah berkumpul di lantai 4 hotel itu. Di pintu masuk para penerima tamu menyalami dan mengantarkan para tamu untuk duduk di tempat yang telah disediakan. Demikian dilaporkan kontributor berita Nias Online di Batam, Berkat Jaya Lase, A.Md.

Acara dimulai dengan arak-arakan para tamu dari Nias Selatan, dan para tamu undangan termasuk yang mewakili Pemerintah Kota Batam, Ketua DPRD Kota Batam, Ketua Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU), yang mewakili Gubernur Kepulauan Riau, tokoh masyarakat Nias Firman Jaya Daeli dan sejumlah tamu lainnya. Juga hadir Fisman F. Gea (anggota Dewan DRPD Batam), Ir. Ya’aro Zebua (Ketua PMN-OB), Pendeta BNKP Distrik Batam Afolo Daeli, MA serta sejumlah tokoh masyarakat Nias lainnya.

Para pemain Maena Baluse dengan peralatan perang menyambut kedatangan para tamu. Pembawa acara, Ibu Yudit Dachi, sambil mempersilahkan hadirin duduk menyambut dan menyapa para hadirin dengan sapan Nias ” Ya’ahowu “. Selain Tari Baluse, dipertunjukkan juga Tari Moyo dan pemberian sekapur sirih kepada para tamu. Tak lama kemudian disusul pertujukan Hombo Batu (Lompat Batu) yang langsung di pimpin oleh Drs.Iskandar Dachi. Sebelumnya para peloncat batu ini meminum minuman khas Nias: Tuo Nifarõ. Acara deklarasi diawali dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya disusul dengan lagu Tanõ Niha.

Sejumlah kata sambutan antara lain disampaikan oleh Ketua Panitia Deklarasi, Ketua Persatuan Masyarakat Nias Selatan, Ketua Penatua di batam, Firman Jaya Daeli, Ketua IKABSU, yang mewakili Pemerintah Batam, dan Ibu Aidah Ismeth, isteri Gubernur Kepulauan Riau. Di sela kata – kata sambutan ini langsung diteguhkan para pengurus Masyarakat Nias Selatan.

Dalam kata sambutannya Ketua Persatuan Masyarakat Nias Selatan Batam dan Sekitarnya, Drs.Iskandar Dachi, mengatakan bahwa tidak ada perbedaan Nias dengan Nias Selatan, “… ini semua budaya Nias”.
Acara deklarasi yang diisi dengan pagelaran budaya Nias ini juga disambut hangat oleh Pemerintah Kota Batam, DPRD Kota Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. (bjl*)

2 Responses to “Meriah, Acara Deklarasi Persatuan Nias Selatan Batam dan Sekitarnya”

  1. 1
    Berkat Jaya Lase, AMd. Says:

    Catatan: Foto – foto deklarasi akan segera ditayangkan dalam halaman “Nias dalam Gambar”.

  2. 2
    marthin wau Says:

    saya bangga sebagai orang nias rupanya budaya nias bisa kita tampilkan didaerah lain, tingkatkan promosinya.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2009
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031