Review 2008 dan View 2009

Tuesday, January 13, 2009
By nias

Oleh: Barugamuri Dachi, SE., Ak.*

Memasuki pertengahan semester pertama tahun 2008, dunia dikejutkan dengan kasus “Suprime Mortgage” yaitu kredit macet sektor perumahan Amerika Serikat (AS) yang diperkirakan mencapai kisaran 350-600 miliar dollar.

Padahal sebelumnya laporan badan-badan independen mengenai ekonomi AS cukup baik ternyata dimanipulasi sedemikian rupa untuk menciptakan sentimen positif terhadap sektor perumahan, tetapi tidak disertai safeguard ekonomi yang memadai. Akibatnya muncul banyak kegagalan pembayaran kredit oleh para kreditor.

Hilangnya kapital dengan jumlah fenomenal tersebut menyebabkan menurunnya angka pertumbuhan ekonomi AS sebagai akibat langsung dari tersendatnya ekonomi sektor riil, dan resikonya terimbas kepada seluruh perekonomian global, tidak terkecuali Indonesia. (1. Supreme Mortgage)

Di tengah perjuangan AS memulihkan kepercayaan pasar dunia terhadap perekonomiannya, negara yang menyebut diri sebagai negara kiblatnya demokrasi, memilih seorang Presiden yang sangat fenomenal, Barack Obama yang akan meneruskan kepemimpinan George W. Bush mulai tanggal 20 Januari 2009 mendatang. Hal ini sedikit memberikan harapan yang baru terhadap perekonomian AS kepada masyarakat Amerika sendiri dan juga kepada dunia umumnya. (2. Barack Obama)

Mengakhiri masa pemerintahannya, Presiden Bush mendapatkan insiden “lempar sepatu” dalam kunjungannya Irak yang sangat menghebohkan. Mungkin hal ini akan selalu diperdebatkan dalam perjalanan demokrasi di Irak. (3. Insiden Lempar Sepatu)

Menutup tahun 2008, agresi militer Israel di Jalur Gaza menjadi pekerjaan rumah para pemimpin dunia dan juga pergumulan bagi setiap warga dunia yang mengharapkan perdamaian di Timur Tengah. Israel dan Palestina (Hamas atau Fatah) merupakan sesuatu yang “hal” tidak pernah berhenti bergejolak. (4. Israel dan Palestina – Timur Tengah)

Ke-4 masalah tersebut diatas bisa mewakili secara umum apa akan yang menjadi PR kita bersama di tahun 2009.

1.Masalah Perekonomian
Supreme Mortgage mewakili isu ekonomi global. Pertumbuhan ekonomi, inflasi yang tinggi, kurs mata uang yang tidak menentu, ancaman PHK, indeks harga saham yang terjun bebas dan masalah ekonomi lainnya. Pikiran dan perasaan yang harap-harap cemas, sepertinya setuju, mulai dari para pembuat kebijakan, analis ekonomi, sampai pedangan asongan, menganggap bahwa tahun 2009 adalah suatu tahun yang sulit.

2.Masalah Kepemimpinan
Tanggal 20 Januari 2009, akan menjadi momen bersejarah bagi rakyat AS, dimana pada hari itu akan Presiden terpilih AS, Barack Obama akan dikukuhkan sebagai Presiden AS ke-44 dan sebagai Presiden kulit hitam pertama di AS. Kepemimpinan Presiedn Barack Obama nantinya dalam mengawal “perubahan” seperti yang dijanjikan pada masa kampenyenya, tentu sesuatu hal yang dinantikan di tahun 2009. Memulihkan ekonomi AS, adalah merupakan PR yang sangat menantang dan tentu saja sangat dinantikan oleh masyarakat dunia.

3.Masalah Politik
Insiden “lempar sepatu”, mewakili masalah politik yang akan memanas di tahun 2009. Di Indonesia pada khususnya, pemilu yang sudah di depan mata akan menjadi barometer masa depan politik negara ini. Jual beli kecap politik, lempar atau tangkis propaganda politik akan menghiasi wajah Indonesia tahun 2009. Tentu saja akhir dari semuanya itu, akan menentukan siapa “the next president of Indonesia”

4.Masalah HAM
Tidak bisa dipungkiri bahwa konflik antara Israel dengan Palestina selalu menjadi perhatian dunia. Ada banyak kepentingan yang dijaga oleh negara-negara di dunia ini dalam masalah Israel dan Palestina. Harus diakui bahwa disanalah kiblat sejarah dan perabadan manusia sehingga semua bangsa dan negara merasa punya kepentingan terhadap konflik tersebut. Padahal akibat konflik tersebut menyisakan banyak masalah kepada masyarakat sipil. Dan yang paling besar adalah hak asasi manusia yang dipertaruhkan.

Mampukah Dunia ini keluar dari masalah tersebut? Mampukah Indonesia menemukan solusinya? Mampukah aku dan kita semua berkontribusi untuk kemajuan dan mencapai keberhasilan ditengah masalah yang sulit ini?

Selamat datang di Tahun 2009.

*Penulis adalah Managing Consultant – SAKI Consulting (Sumber: www.thedachi.wordpress.com)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2009
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031