Gunungsitoli, Januari 2009 – Di penghujung akhir tahun 2008 kegiatan pembangunan sekolah UNICEF dilengkapi dengan pencapaian penyerah-terimaan sekolah UNICEF pertama SDN 076102 Soto’o Hilialawa Toma (Teluk Dalam) kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan masyarakat setempat.


“Penyerah-terimaan sekolah ini menjadi momen penting; tonggak perbaikan akses pendidikan dasar di wilayah ini, dengan terselesaikannya satu dari 40 sekolah yang menjadi komitmen UNICEF untuk dibangun di Kabupaten Nias Selatan. Hal ini mendorong percepatan pembangunan sekolah-sekolah lainnya di kabupaten ini” papar Raoul de Torcy- pimpinan kantor UNICEF Nias dalam acara serahterima ini.

“Terlambat dari waktu yang ditargetkan memberikan kesan kurang kuatnya komitmen UNICEF dalam upaya perbaikan akses pendidikan dasar di wilayah ini. Namun dengan selesainya SDN 076102 Soto’o Hilialawa Toma (Teluk Dalam) menjadi satu bukti komitmen UNICEF untuk tetap memajukan pendidikan anak-anak Nias Selatan” tanggapan perwakilan dari Pemkab Nias Selatan.

Dengan acara yang sederhana, serahterima SDN 076102 Soto’o Hilialawa Toma (Teluk Dalam) dihadiri oleh jajaran Dinas Pemkab Nias Selatan, perangkat sekolah serta masyarakat. Andrea B – perwakilan UNICEF Banda Aceh, Jean Piere Paratore-Staf Pendidikan UNICEF Nias serta perwakilan BRR Nias turut menghadiri acara ini.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, tanggal 18-19 Desember 2008, sejumlah 3 sekolah diserah-terimakan kepada pemerintah Kabupaten Nias. Sekolah tersebut adalah; 1). SDN 076070 Tugala Lauru, Lahewa Timur, 2). SDN 074053 Duria Hilisebua, Gido, 3). SDN 075053 Fadoro Idanoi, Gunungsitoli Idanoi.

Ditutup dengan pencapaian yang luar biasa tahun 2008, memberikan hembusan semangat baru untuk memperbaiki akses pendidikan dasar secara simultan di pulau Nias. Keseluruhan 4 sekolah yang diserahterimakan melengkapi pembangunan sekolah UNICEF menjadi 18 sekolah dan bermanfaat kepada lebih dari 3000 siswa sekolah dasar di pulau Nias. Pembangunan sekolah UNICEF dilakukan melalui mitra UNOPS dan Nippon Koei. Target pembangunan sekolah UNICEF di pulau Nias ini akan selesai pada akhir tahun 2009 sekaligus menutup program UNICEF tanggap darurat gempa Nias yang terjadi pada tahun 2005. (fr/brk)

Keterangan Gambar:

  1. SDN 076102 Soto’o Hilialawa Toma (Teluk Dalam), Serahterima secara simbolis dari Pemda Nias Selatan kepada jajaran Dinas Pendidikan Nias Selatan
  2. Searah jarum jam; Serah terima SDN 076070 Tugala Lauru, Lahewa Timur oleh Jean Piere Paratore-Staf Pendidikan UNICEF Nias kepada Pemkab Nias. Tinjauan ruangan kelas oleh Raoul de Torcy (UNICEF), Zel (UNOPS) dan Pemkab Nias di SDN 074053 Duria Hilisebua, Gido. Salah satu ruang kelas sekolah UNICEF. SDN 075053 Fadoro Idanoi, Gunungsitoli Idanoi yang telah diserahterimakan kepada Pemkab Nias.
Facebook Comments