Dear Redaktur Nias Online
di.
Tempat

Pertama, Sebagai media alternatif situs ini memberikan ruang untuk wacana-wacana baru yang berhubungan dengan penengmbangan Pulau Nias. Media seperti ini sangat jarang bahkan tidak ada di Pulau Nias. Padahal, sebagai wilayah yang lama tertinggal dari wilayah lainnya, Pulau Nias membutuhkan diskusi-diskusi yang progresif.

Kedua, Ruang interaktif yang diberikan situs ini sangat baik untuk membangun kekritisan warga (pembaca). Setidaknya, sebuah wacana yang dilemparkan melalui media ini, tidak begitu saja lolos ke warga. Informasi tidak lagi ditelan bulat-bulat. Akhirnya informasi seperti itu akan memicu perdebatan yang membuat warga belajar mencari kebenaran.

Ketiga, akses terhadap situs ini sangat terbatas. hanya mereka yang bisa ke internet lah yang bisa ikut membaca dan berkontribusi. Tapi warga yang tidak punya akses, sama sekali tidak bisa memanfaatkan media ini. Ini salah satu kelemahan dan tantangan bagi situs Niasonline. Saya sarankan, kenapa tidak Niasonline menggelar diskusi langsung untuk tulisan-tulisan yang mendapat banyak tanggapan. Hal seperti itu bisa membuat informasi semakin meluas.

Keempat, bagaimanapun kehadiran situs Nias Online telah memberikan suasana baru untuk Pulau Nias. Saya ucapkan selamat untuk itu.

Manila, 30 November 2008

Erix Hutasoit
Subsitute Council Members
United Evangelical Mission (UEM) Regional Asia.

Facebook Comments