Telukdalam – Sejak dilantiknya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) tanggal 28 Oktober 2008 lalu, hingga saat ini belum melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan umum (Pemilu).

Di antaranya pembentukan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), pemutakhiran data pemilih tetap dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT), hingga hal ini dikuatirkan kedepan dapat merugikan partai politik peserta pemilu pada tahun 2009 mendatang di Kabupaten Nisel.

Menurut Ketua KPUD Kabupaten Nisel, Honogododo Gea S.Th saat dijumpai Analisa di kantornya, didampingi dua anggota KPUD, terhambatnya pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu disebabkan tidak ada dana dan juga KPUD Nisel baru saja dilantik, hingga mereka belum dapat bekerja secara maksimal, yang sudah terlaksana pembentukan PPS sebanyak 214 dan TPS 1000

Terkait dengan DPS, sampai saat ini KPUD Nisel masih menggunakan data yang lama dari pemerintah Kabupaten Nias Selatan dengan jumlah DPS 187.238 pemilih.

Sedang DPT hingga saat ini masih belum dapat ditetapkan disebabkan masih data dari kecamatan yang belum masuk ke KPUD Nisel. Di antaranya Kecamatan Pulau-Pulau Batu dan hal ini akan dijemput pihaknya.

Selain itu, hal ini juga disebabkan data yang diserahkan dari pihak kecamatan ke KPUD Nisel, berupa data manual hingga hal ini sangat butuh waktu yang panjang untuk mengetik ulang data secara keseluruhan.

Saat ditanya menyangkut penetapan rekapitulasi DCT, KPUD Nisel mengaku baru sebatas mengumumkan di lingkup kantor KPUD Nisel, belum mengumumkan secara luas melalui media, dan juga belum mengirimkan rekapitulasi kepada masing-masing parpol peserta pemilu.

Hal itu disebabkan tambah Honogododo, tidak tersedianya anggaran KPUD Nisel. Namun hingga saat ini awalnya DCS berjumlah 529 orang, kemudian dari hasil rapat Pleno KPUD Nisel tanggal 1 November 2008 DDCT berjumlah 522 orang, kemudian dari hasil rapat pleno tanggal 8 November terjadinya revisi sehingga DCT berjumlah 521 orang.

Sementara Ketua Panwaslu Nisel didampingi dua anggota Panwaslu saat ditanya Analisa ada tidaknya temuan dari proses tahapan Pemilu 2009 mendatang, Ketua Panwaslu mengatakan, pihaknya tidak menemukan apa-apa karena mereka baru dilantik pada 29 Oktober lalu, sedang tahapan pemilu sudah terlewatkan jauh hari sebelum mereka dilantik.

Namun, yang menjadi kendala mereka saat ini yakni, pihak KPUD Nisel belum menganjukan atau mengusulkan nama-nama anggota Paswaslu Kecamatan kepada pihaknya, hingga mereka saat ini terkedala untuk membentuk Panwaslu di masing-masing kecamatan.

Hal ini sudah berapa kali ditanyakan kepada KPUD Nisel, bahkan pernah disurati tiga kali tapi pihak KPUD Nisel belum juga memberi jawaban. (Analisa, 24 November 2008)

Facebook Comments