Gunungsitoli, 13 November 2008 – Melengkapi target pembangunan 120 sekolah di Pulau Nias, UNICEF menyerah-terimakan 2 sekolah kepada Pemerintah Kabupaten Nias dan masyarakat setempat hari ini. Sekolah-sekolah tersebut 1). SDN 070983 Sihare’õ Gunungsitoli Barat, 2). SDN 075045 Somi Gidõ. 2 sekolah yang diserahterimakan ini, menambah capaian pembangunan sekolah UNICEF menjadi 14 dari 80 sekolah yang menjadi komitmen untuk dibangun oleh UNICEF di Kabupaten Nias.

Serahterima 2 sekolah dilaksanakan di masing-masing sekolah, dengan semangat kemeriahan untuk dapat mengakses pendidikan dasar yang lebih baik lagi dan berkualitas.

Serahterima SDN 075045 Somi Gidõ dilaksanakan oleh CFO UNICEF Nias Raoul de Torcy kepada Binahati Baeha, Bupati Kabupaten Nias, yang diwakili oleh Dinas Pendidikan Nias, disaksikan oleh langsung oleh Representative UNICEF Indonesia- Dr. Gianfranco Rotligiano dalam kunjungannya ke Nias untuk mengakhiri masa tugasnya di Indonesia.

Sedangkan SDN 070983 Sihare’õ Gunungsitoli Barat diserahterimakan oleh Christine Muna Said- Operation Officer UNICEF kepada Dinas Pendidikan disaksikan jajaran Pemkab Nias, Perangkat Sekolah dan Masyarakat.

Sekolah-sekolah yang dibangun kembali oleh UNICEF melalui mitra pelaksana UNOPS, ini merupakan sekolah ramah anak dengan tipe bangunan LGS (baja ringan). Bermanfaat kepada lebih kurang 500-an siswa, masing-masing sekolah dibangun dengan 6 ruang kelas, 1 ruang majelis guru, 1 ruang perpustakaan serta kamar kecil yang terpisah untuk murid laki-laki dan perempuan, yang masing-masing dilengkapi toilet dan wastafel. Guna meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar, sekolah ini juga dilengkapi dengan perangkat belajar mengajar seperti meja dan kursi murid serta meja guru sampai dengan perlengkapan olah raga seperti meja ping-pong beserta peralatannya, bulu tangkis dan bola voli.

Ibu Zega-Kepala Sekolah SDN 070983 Sihareo Gunungsitoli Barat dalam persiapan acara serah terima menyatakan ‘Kami sangat lega pembangunan sekolah kami telah selesai sehingga kami dapat segera melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dengan lebih lancar tanpa harus membagi siswa untuk sekolah pagi dan siang. Tentunya dengan pengelolaan sekolah yang lebih baik maka kualitas pendidikan pun akan lebih baik lagi. Terimakasih UNICEF’.

Christine Muna, pada kesempatan ini menyampaikan prakatanya dalam Bahasa Nias yang disambut senyuman oleh semua tamu yang hadir dalam acara serah terima ini “UNICEF merasa bangga dan berbesar hati untuk kembali menyerahterimakan 2 sekolah kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias. Dengan selesainya 14 sekolah saat ini berharap akan mendapat perawatan yang baik sehingga menjadi tempat belajar yang sempurna bagi anak-anak Nias”. (FR/UNICEF- Nias Field Office).

Keterangan Gambar:
Atas – Penyematan cinderamata kepada Representative UNICEF Indonesia pada serahterima SDN 075045 Somi Gidõ disaksikan Raoul de Torcy-CFO UNICEF Nias, Bawah – Penyerahan simbolis kunci UNICEF kepada Dinas Pendidikan kab. Nias pada serahterima SDN 070983 Sihare’õ Gunungsitoli Barat

Facebook Comments