Gunungsitoli – Serah terima pembangunan Gedung Sekolah SMA 1 Gunungsitoli, SMA 1 Gido dan SMK 1 Gunungsitoli dipusatkan di SMA 1 Gunungsitoli, Rabu (05/11) yang turut dihadiri oleh Bupati Nias, para pejabat Dinas Pendidikan Kab Nias, Wakapolres Nias Kompol Jhony D. Sinaga, Kasdim Mayor INF Jhony Parhusi, Kasat Narkoba Polres Nias AKP A. Siregar, para Komite Sekolah, Mr. Veddy dari Jerman dan tokoh masyaraka. Acara diawali dengan penyambutan oleh Drum Band SMA 1 Gunungsitoli.

Ketua Komite Sekolah yang mewakili ketiga sekolah pada sambutannya mengatakan, proyek pembangunan gedung sekolah yang dananya bersumber dari pemerintah negara Jermany, yang dilaksanakan oleh kontrakor Sigeconsorsium telah terlaksana dengan baik, sehingga dapat dibuktikan dan kita lihat bersama kemegahan gedung dan kualitas gedung terjamin untuk kegiatan belajar mengajar para siswa dan guru.

Serah terima gedung dari Pemerintah Jermany kepada Pemkab Nias yang telah dibangun yaitu SMAN 1 Gunungsitoli, SMAN 1 Gido dan SMKN 1 Gunungsitoli diserahkan dengan ditandai penyerahan kunci sekolah oleh Mr. Veddy kepada Bupati Nias di ruangan aula SMAN 1 Gunungsitoli.

Selanjutnya Ketua Komite mengatakan, bertitik tolak dari kejadian gempa bumi yang melanda Nias membuat fasilitas umum hancur total termasuk gedung sekolah dan komite sekolah tak berdaya lagi untuk membangun gedung baru. Pada tahun 2007 waktu peletakan batu pertama disinilah orang tua siswa mulai mengurangi beban pikiran karena dapat menerima bantuan pembangunan gedung dari pemerintah Jermany dan gembira karena adanya pembangunan untuk mengganti bangunan yang telah hancur total dan membuat anak kami dapat sekolah di gedung yang mewah dilengkapi dengan fasilitas seperti mesin genset, Mobiler, laboratorium, komputer dan perpustakaan yang mendukung proses belajar mengajar.

Sementara sambutan dari yang mewakili pemerintah Jerman oleh Mr. Veddy mengatakan, merasa bangga dan bahagia melihat proses pelaksanaan pembangunan gedung di Nias dan Nias Selatan. Bantuan melalui dana bantuan KFW Jerman senilai 7 juta Euro. Kita saksikan bersama cukup megah dan bagus, diharapkan kepada masyarakat dan anak sekolah agar memelihara dengan baik sehingga gedung ini bermanfaat selamanya. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada kontraktor yang telah mengerjakan dengan baik gedung ini sehingga terlihat bangunannya berkualitas, bermutu, cantik, indah dan nyaman untuk proses kegiatan belajar mengajar karena dibuat tahan gempa,” katanya.

Sementara Bupati Nias pada arahannya mengatakan atas nama Pemkab dan masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Jerman atas bantuan pembangunan gedung yang telah hancur akibat gempa bumi pada tahun lalu, dengan adanya bangunan gedung sekolah yang megah ini dapat terlaksana proses belajar mengajar sesuai dengan harapan masyarakat.

Bupati Nias mengharapkan kepada siswa, guru, komite sekolah diharapkan dapat memanfaatkan gedung sekolah yang baru ini dan kiranya dipelihara dengan baik sehingga dapat dipergunakan sampai anak cucu kita nantinya. (SIB, 6 /11/2008)

Facebook Comments