DPR RI Mengesahkan 12 RUU Pembentukan Daerah Otonom Baru

Wednesday, October 29, 2008
By nias

*Termasuk 3 RUU untuk pembentukan: Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat

Hari ini, Rabu 29/10, DPR RI mengesahkan 12 Rancangan Undang-undag (RUU) pembentukan daerah otonom yang baru dalam suatu rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR Agung Laksono. Melalui ke 12 RUU ini, akan dibentuk Kab. Nias Utara, Kab. Nias Barat, Kota Gunung Sitoli (Sumut), Kab. Pringsewu (Lampung), Kab. Tulang Bawang Barat (Lampung), Kab. Mesuji (Lampung), Kota Tengerang Selatan (Banten), Kab. Sabu Raijua (NTT), Kab. Kepulauan Morotai (Malut), Kab. Tambrauw (Papua Barat), Kab. Intan Jaya (Papua) dan Kab. Deiyai (Papua).

Ke 12 daerah otonom baru itu akan diresmikan dan penjabat kepala daerahnya dilantik selambat-lambatnya 6 bulan terhitung sejak tanggal pengesahan 29 Oktober 2008, sedangkan pelakasanaan pilkada di masing-masing daerah tersebut paling lambat dua tahun sejak penjabat kepala daerah dilantik. Demikian penjelasan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto dalam kata sambutannya pada rapat paripurna itu.

Hingga kemarin petang (Selasa, 28/10) Panitia Kerja (Panja) Komisi II DPR dan pemerintah baru menyepakati 10 RUU untuk disahkan. Pembahasan RUU pembentukan Ka. Kep. Morotai dan Kab. Tambrauw merupakan hasil lanjutan pembahasan Panja Komisi II dan Pemerintah yang berlangsung hingga Rabu dinihari.

**
Sementara itu dalam percakapan dengan Situs Yaahowu, Drs. Martin Luther Daeli, M.Si (Ketua Team Fasilitasi Pemekaran Nias) menjelaskan bahwa di Jakarta tadi pagi berkumpul sekitar 400 orang masyarakat Nias di Gedung DPR mengikuti dari dekat rapat paripurna tersebut. Dari Nias hadir antara lain Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan istri Ny. Lenny B. Baeha, Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa, Ketua DPRD Nias Ingati Nazara dan sekitar 40 orang anggota DPRD Nias. Selain itu hadir anggota DPR RI asal Nias Arisman Zagõtõ, Idealisman Dachi, Yasonna H. Laoli, Ketua DPP PDI-Perjuangan Firman Jaya Daeli dan sejumlah tokoh dan masyarakat dari Nias Barat, Nias Utara dan Gunungsitoli.

Malam ini, tambah Daeli, masyarakat Nias akan mengadakan Kebaktian Syukur di Gedung Sekolah Tinggi Theologia (STT) Jakarta. (brk/*)

Tags:

5 Responses to “DPR RI Mengesahkan 12 RUU Pembentukan Daerah Otonom Baru”

  1. 1
    Noniawati Telaumbanua dan Restu Jaya Duha Says:

    Puji Tuhan!
    Selamat dan Sukses atas pengesahkan pembentukan: Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat.

    Terima kasih kepada seluruh Pejuang Pejuang “Tanö Niha”. Terima kasih juga kepada DPR RI yang mengesahkan UU pembentukan Kabupaten/Kota yang baru di Pulau Nias.
    Marilah kita mengaktualisasikan cita cita perjuangan kita.

    Ya’ahowu!

    Noniawati Telaumbanua
    Restu Jaya Duha

  2. 2
    A.N.G. Says:

    Congratulation!!!
    Harapan kita kiranya Tanõ Niha yang telah terdiri dari beberapa kabupaten & 1 kodya akan semakin lebih berkembang signifikan di masa yang akan datang, Gbu.

    Shallom,
    A.NisoGulõ
    +6281210130588

  3. 3
    Yamanzaro Zebua Says:

    Haleluya!

    Terimakasi kepada seluruh tim fasilitasi pemekaran Nias dan juga seluruh masyarakat Nias atas jerih payah selama ini dalam mendukung pemekaran pulau Nias. Semoga Nias tambah maju, Amin

  4. 4
    Yusgo Says:

    Seandainya pemekaran ini merupakan hati nurani masyarakat Nias, Ya, Allah abadikanlah pemekaran ini menuju muara Provinsi Nias. Dan berkatilah dan keselamatan bagi pejuang-pejuang pemekaran yang berorientasi ummat.

  5. 5
    Ruben Says:

    Selamat.. semoga apa yang dicita2kan benar2 nurani rakyat.. Tolong jangan khianati suara rakyat lagi.. kalau memang nias tidak kunjung maju setelah pemekaran ada kemungkinan pemekaran ini tidak murni nurani rakyat.. Tapi semoga itu tidak terjadi..
    ^^

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2008
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031