*Termasuk 3 RUU untuk pembentukan: Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat

Hari ini, Rabu 29/10, DPR RI mengesahkan 12 Rancangan Undang-undag (RUU) pembentukan daerah otonom yang baru dalam suatu rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR Agung Laksono. Melalui ke 12 RUU ini, akan dibentuk Kab. Nias Utara, Kab. Nias Barat, Kota Gunung Sitoli (Sumut), Kab. Pringsewu (Lampung), Kab. Tulang Bawang Barat (Lampung), Kab. Mesuji (Lampung), Kota Tengerang Selatan (Banten), Kab. Sabu Raijua (NTT), Kab. Kepulauan Morotai (Malut), Kab. Tambrauw (Papua Barat), Kab. Intan Jaya (Papua) dan Kab. Deiyai (Papua).

Ke 12 daerah otonom baru itu akan diresmikan dan penjabat kepala daerahnya dilantik selambat-lambatnya 6 bulan terhitung sejak tanggal pengesahan 29 Oktober 2008, sedangkan pelakasanaan pilkada di masing-masing daerah tersebut paling lambat dua tahun sejak penjabat kepala daerah dilantik. Demikian penjelasan Menteri Dalam Negeri Mardiyanto dalam kata sambutannya pada rapat paripurna itu.

Hingga kemarin petang (Selasa, 28/10) Panitia Kerja (Panja) Komisi II DPR dan pemerintah baru menyepakati 10 RUU untuk disahkan. Pembahasan RUU pembentukan Ka. Kep. Morotai dan Kab. Tambrauw merupakan hasil lanjutan pembahasan Panja Komisi II dan Pemerintah yang berlangsung hingga Rabu dinihari.

**
Sementara itu dalam percakapan dengan Situs Yaahowu, Drs. Martin Luther Daeli, M.Si (Ketua Team Fasilitasi Pemekaran Nias) menjelaskan bahwa di Jakarta tadi pagi berkumpul sekitar 400 orang masyarakat Nias di Gedung DPR mengikuti dari dekat rapat paripurna tersebut. Dari Nias hadir antara lain Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan istri Ny. Lenny B. Baeha, Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa, Ketua DPRD Nias Ingati Nazara dan sekitar 40 orang anggota DPRD Nias. Selain itu hadir anggota DPR RI asal Nias Arisman Zagõtõ, Idealisman Dachi, Yasonna H. Laoli, Ketua DPP PDI-Perjuangan Firman Jaya Daeli dan sejumlah tokoh dan masyarakat dari Nias Barat, Nias Utara dan Gunungsitoli.

Malam ini, tambah Daeli, masyarakat Nias akan mengadakan Kebaktian Syukur di Gedung Sekolah Tinggi Theologia (STT) Jakarta. (brk/*)

Facebook Comments