Tahun 2009, Gaji Guru Naik 100 Persen

Monday, October 27, 2008
By nias

JAKARTA, SELASA – Berbahagialah bagi pahlawan tanpa tanda jasa alias guru dan dosen, nasib mereka berangsur-angsur bersinar lagi. Panitia Kerja (Panja) Belanja Pusat, Panitia Anggaran DPR telah menyetujui kenaikan gaji guru pada 2009 hingga 100 persen.

Bila pendapatan mereka pada tahun ini maksimal 2,4 juta (gol IV/E bersertifikat), maka 2009 bakal mendapatkan gaji sebesar Rp 5,4 juta. Belum lagi tunjangan khusus bagi guru yang berada di daerah terpencil (gurdacil) yang diperkirakan sebesar Rp 5,1 juta. Jadi, perbulannya mereka bakal mendapat gaji di atas Rp 10 juta, kalau tunjangan gurdacilnya juga disetujui.

“Untuk besaran gaji sudah final. Sedangkan tunjangan khusus gurdacil hingga kini besarannya masih diperdepatkan, tetapi usulannya tetap akan dinaikkan yaitu bagi guru di daerah-daerah pedalaman seperti Papua, Maluku dan Kalimantan,” kata anggota Panja asal PDI Perjuangan, Rudianto Tjen kepada PersdaNetwork di Jakarta, Senin (20/10).

Lebih jauh, jelas anggota DPR asal Bangka Belitung ini, untuk gurdacil, bila pada 2008 ini kuotanya hanya untuk 20.000 orang gaji, pada 2009 mendatang akan ditambah 10.000 lagi hingga menjadi 30.000 orang guru.

Kenaikan gaji guru ini telah disepakati oleh seluruh anggota Panja Belanja Pusat dan Departemen Pendidikan Nasional. Disebutkan, gaji terendah yaitu untuk guru pegawai negari sipil (PNS) dengan golongan II/B tidak bersertifikat (0 tahun) yang tadinya mendapat gaji sebesar Rp 1,55 juta, akan mememperoleh gaji bulanan Rp 2,07 juta.

Sedangkan gaji untuk guru PNS tertinggi dengan golongan IV/E bersertifikat (0 tahun) yang saat ini digaji Rp 2,43 juta bakal melonjak menjadi Rp 5,42 juta.

Perubahan pendapatan juga bakal dialami oleh guru tetap non PNS. Bila pengajar PNS mendapatkan kenaikan gaji, maka tunjangan fungsional guru tetap non PNS akan naik, untuk yang non S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 250.000, sedangkan yang S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 300.000.
Untuk dosen PNS golongan III/B belum bersertifikat (0 tahun) yang tahun ini gajinya Rp 1,8 juta akan naik menjadi Rp 2,26 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkat guru besar, gajinya bakal melonjak besar dari Rp 5,12 juta menjadi Rp 13,53 juta per bulan. “Gaji tersebut sudah termasuk seluruh pendapatan per bulan (take home pay/THP),” ujar Rudianto.

Anggota Komisi X (bidang pendidikan) asal PAN, Yasin Kara menyatakan, kenaikan gaji guru ini sebenarnya sudah diusulkan selama empat tahun berturut-turut. “Kita sudah mengusulkan sejak 2005 lalu, baru tahun depan dinaikkan. Apakah ini karena akan ada Pemilu atau tidak, yang penting perjuangan meningkatkan kesejahteraan guru bisa terlaksana,” kata Yasin saat dihubungi melalui ponsel.

Menurutnya, untuk gaji 2009 ini, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar kurang lebih Rp 50 triliun. Anggaran tersebut akan dimasukkan dalam Undang-Undang APBN 2009 yang rencananya disahkan dalam rapat paripurna DPR tanggal 28 Oktober mendatang.

Selain itu, Sekretaris Fraksi PAN ini juga menandaskan, pemerintah harus terus meningkatkan jumlah guru yang bersertifikat. Guru nantinya akan disertifikasi agar memenuhi standar mutu pendidikan nasional.

Saat ini, dari 2,7 orang guru yang ada di Indonesia, baru hanya 300.000 saja yang tersentifikasi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, jelasnya, tahun 2009 ditargetkan jumlah guru yang tersertifikasi berjumlah 1 juta orang guru. “Lambat laut seluruh guru akan tersertifikasi,” kata Yasin. (KOMPAS, 21 Oktober 2008)

64 Responses to “Tahun 2009, Gaji Guru Naik 100 Persen”

Pages: « 1 2 3 4 [5] 6 7 » Show All

  1. 41
    AFRIAL Says:

    Buktinya mannnnnnnnnnnnnnnna, 2009 sdh hampir habis, ktnya naik 100% taunyaaaaaa 15%, cukup apaaaaaaaaaaaa pak.
    Salah satu merosotnya mutu pendidikan adalah karena GURU TIDAK LAGI DIHORMATI / DIHARGAI OLEH SISWA. PENYEBABNYA KARENA GURUNYA KERE KERE. SIAPA YANG MAU MENDENGARKAN OMONGAN ORANG KERE WALAUPUN ILMUNYA BANYAK. SEKARANG JAMAN SUDAH BERUBAH, YANG DIHARGAI ADALAH UANG, WALAU ORANGNYA TIDAK PINTAR TETAPI KE KANTOR NAIK MOBIL, OMONGANNYA PASTI DIDENGAR ORANG BANYAK, SEBALIKNYA WALAUPUN ILMUNYA BANYAK (GURU) TETAPI KESKOLAH NAIK MOTOR (KALAU TIDAK NAIK BIS KOTA) ORANG SEKARANG TAKKAN LAGI MENGHARGAI . MENDENGARKAN OMONGANNYA PDAHAL OMONGAN SEORANG GURU ITU WAJIB DIDENGAR DAN DIIKUTI KALAU TIDAK YA PASTI SALAH.
    LIHAT SEKELILING KITA, UNTUK KESEKOLAH, SISWA NAIK MOBIL BAWA SENDIRI ATAU DIANTAR SOPIR PRIBADINYA, SEMENTARA GURUNYA NAIK OPLET, YAAAAAAAAH KATANYA” ORANG BEGINIAN MAU DITIRU APANYA ……

  2. 42
    esa Says:

    kalau gaji guru naik 100%, semua PNs instansi lain pasti usulkan pindah jadi ha..a..a

  3. 43
    esa Says:

    WAJAR GURU DI PERHATIKAN PEMERINTAH, KALA TAK ADA GURU MANA BISA ANAK-ANAK JADI PINTAR. CUMA MASALAHNYA ADA SAJA GURU TANPA SIM; APA MUNGKIN IA PROFESIONAL DALAM TUGASNYA? PASTI TIDAK. IA MUNGKIN MAMPU MENYAMPAIKAN MATERI PELAJARAN TAPI MEMBUAT PERANGKAT TIDAK TAHU MAU MULAI DARI MANA HE..HER…HERAN..

  4. 44
    aku Says:

    Wah,terkadang da guru yang benar – benar tak layak, tapi dia dapat gaji segitu. Menurutku, hanya guru – guru yang berprofesional dan cerdas yang pantas mendapat gaji segitu.
    Aku sendiri menyadari terkadang guru capek banget dalam bekerja, tapi (maaf) kan terkadang ada guru yang tidak terlalu menguras tenaga dan otak. Apa pantas model guru seperti itu mendapat gaji segitu besarnya???
    Berbeda dengan kerja di swasta, yang mana memang bekerja dengan menguras tenaga banget…

  5. 45
    hnedarman Says:

    ehm thank you banget ya kalo mu ditaikin gajinya 100%, jadinya banyak pendidik yg berhenti ngojek dan menyiapkan perangkat mengajarnya.Biarlah umar bakrie itu tersenyum, sambil berjanji dalam hatinya, aku harus cetak anak didikku dengan baik dan benar.

  6. 46
    ghina Says:

    Kenyataannya disekolah kami daerah Duren Sawit, Jakarta Timur masih ada guru yang tidak mempunyai rumah, untuk makan sehari-hari dia ngojek. Mana dong janji kesejahteraan guru untuk DKI? Tunjangan Khusus aja tahun 2009 ini sudah tdk kelihatan batang hidungnya. guru DKI juga manusia punya rasa dan segudang keinginan, jangan di iming-imingi.

  7. 47
    Napoli Says:

    h… boong aj tu…..

  8. 48
    Irfan anshori Says:

    Apa yg dikatakan yaredi itu benar. Saya setuju 100 persen. Bukan berarti kita diajari oleh batu. Ingat comentnya pada bulan maret bahwa hanya sebagian guru yang profesional. Dan yang menuntut adalah guru yang kemampuan mengajarnya dibawah rata rata. Saya Sudah melalukan survey kepada 4500 guru di seluruh tanah air. 81% menutut gaji naik. Dari guru yg nuntut diberikan soal sesuai b.studinya sebanya 50 soal pilihan yg setara dgn soal soal sma. Hasilnya luar biasa. Paling banyak benar 18 soal benar. Nilai 3,6

  9. 49
    Adi Kuswanto Says:

    Saya adalah seorang guru,
    membaca apa yang di tulis oleh YAREDI, saya sangat berterima kasih, maaf apabila saya menentang pendapat saudara, GURU bukanlah GUDANG ILMU, wajar kalau anda katakan bodoh,karena guru terlalu sibuk dengan apa yg di lakukannya, memenuhi tuntutan pemerintah ( Administrasi), tuntutan sekolah ( target yg harus di capai), tuntutan siswa ( harus serba bisa ), serta yang paling mendesak adalah tuntutan keluarga ( tdk perlu di perjelas lg ), dan tak lupa pula pula sy ingatkan pada saudara YAREDI jgn terlalu berburuk sangka pada guru, anda bisa seperti ini krn jasa siapa???, apakah anda belajar pada BATU, saya rasa tidak.
    yang perlu anda renungkan adalah GURU bukan hanya orang yang di gaji oleh pemerintah Untuk mengajar di sekolah, tetapi orang yang memberikan/ menularkan/ mendidik segala sesuatu yang baik dan bermanfaat, dan jika anda berada di desa maka, anda akan banyak menemukan guru yang tidak pernah memikirkan kenaikan gaji, karena mereka hanya berpikir apa yg akan mereka berikan pada murid besok, dan mereka juga berpikir APA YANG AKAN MEREKA BERIKAN PADA ANAK DAN ISTRI MEREKA BESOK!!!!!!!!!!
    Saudara YAREDI yg terhormat, Introspeksilah!!!!!!!!!

  10. 50
    asih Says:

    Saya seorang calon guru, saya tidk s7 dg pendapat tntang guru yang tdk pantas mendapat gaji yang lumayan,kt bs bc, tls, dan mjd spert skrg ni berkat jasa guru yang mmang tanpa tnd jasa jd wajar bl pemeintah mnakkan gaji guru.Guru jg py keluarga yang membutuhkn ksjahteraan.Kepada saudara YAREDI yang terhorhat,berkacalah pada diri anda!!!!Apa anda stelah lahi it langsung bs pintar tnp sekolah???

Pages: « 1 2 3 4 [5] 6 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2008
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031