Tahun 2009, Gaji Guru Naik 100 Persen

Monday, October 27, 2008
By nias

JAKARTA, SELASA – Berbahagialah bagi pahlawan tanpa tanda jasa alias guru dan dosen, nasib mereka berangsur-angsur bersinar lagi. Panitia Kerja (Panja) Belanja Pusat, Panitia Anggaran DPR telah menyetujui kenaikan gaji guru pada 2009 hingga 100 persen.

Bila pendapatan mereka pada tahun ini maksimal 2,4 juta (gol IV/E bersertifikat), maka 2009 bakal mendapatkan gaji sebesar Rp 5,4 juta. Belum lagi tunjangan khusus bagi guru yang berada di daerah terpencil (gurdacil) yang diperkirakan sebesar Rp 5,1 juta. Jadi, perbulannya mereka bakal mendapat gaji di atas Rp 10 juta, kalau tunjangan gurdacilnya juga disetujui.

“Untuk besaran gaji sudah final. Sedangkan tunjangan khusus gurdacil hingga kini besarannya masih diperdepatkan, tetapi usulannya tetap akan dinaikkan yaitu bagi guru di daerah-daerah pedalaman seperti Papua, Maluku dan Kalimantan,” kata anggota Panja asal PDI Perjuangan, Rudianto Tjen kepada PersdaNetwork di Jakarta, Senin (20/10).

Lebih jauh, jelas anggota DPR asal Bangka Belitung ini, untuk gurdacil, bila pada 2008 ini kuotanya hanya untuk 20.000 orang gaji, pada 2009 mendatang akan ditambah 10.000 lagi hingga menjadi 30.000 orang guru.

Kenaikan gaji guru ini telah disepakati oleh seluruh anggota Panja Belanja Pusat dan Departemen Pendidikan Nasional. Disebutkan, gaji terendah yaitu untuk guru pegawai negari sipil (PNS) dengan golongan II/B tidak bersertifikat (0 tahun) yang tadinya mendapat gaji sebesar Rp 1,55 juta, akan mememperoleh gaji bulanan Rp 2,07 juta.

Sedangkan gaji untuk guru PNS tertinggi dengan golongan IV/E bersertifikat (0 tahun) yang saat ini digaji Rp 2,43 juta bakal melonjak menjadi Rp 5,42 juta.

Perubahan pendapatan juga bakal dialami oleh guru tetap non PNS. Bila pengajar PNS mendapatkan kenaikan gaji, maka tunjangan fungsional guru tetap non PNS akan naik, untuk yang non S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 250.000, sedangkan yang S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 300.000.
Untuk dosen PNS golongan III/B belum bersertifikat (0 tahun) yang tahun ini gajinya Rp 1,8 juta akan naik menjadi Rp 2,26 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkat guru besar, gajinya bakal melonjak besar dari Rp 5,12 juta menjadi Rp 13,53 juta per bulan. “Gaji tersebut sudah termasuk seluruh pendapatan per bulan (take home pay/THP),” ujar Rudianto.

Anggota Komisi X (bidang pendidikan) asal PAN, Yasin Kara menyatakan, kenaikan gaji guru ini sebenarnya sudah diusulkan selama empat tahun berturut-turut. “Kita sudah mengusulkan sejak 2005 lalu, baru tahun depan dinaikkan. Apakah ini karena akan ada Pemilu atau tidak, yang penting perjuangan meningkatkan kesejahteraan guru bisa terlaksana,” kata Yasin saat dihubungi melalui ponsel.

Menurutnya, untuk gaji 2009 ini, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar kurang lebih Rp 50 triliun. Anggaran tersebut akan dimasukkan dalam Undang-Undang APBN 2009 yang rencananya disahkan dalam rapat paripurna DPR tanggal 28 Oktober mendatang.

Selain itu, Sekretaris Fraksi PAN ini juga menandaskan, pemerintah harus terus meningkatkan jumlah guru yang bersertifikat. Guru nantinya akan disertifikasi agar memenuhi standar mutu pendidikan nasional.

Saat ini, dari 2,7 orang guru yang ada di Indonesia, baru hanya 300.000 saja yang tersentifikasi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, jelasnya, tahun 2009 ditargetkan jumlah guru yang tersertifikasi berjumlah 1 juta orang guru. “Lambat laut seluruh guru akan tersertifikasi,” kata Yasin. (KOMPAS, 21 Oktober 2008)

64 Responses to “Tahun 2009, Gaji Guru Naik 100 Persen”

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 » Show All

  1. 1
    alfian Says:

    saya mau tanya masah pns,,orang tua saya juga kn pns tapi orang tua saya itu lum lulus dari kuliah nya..
    sekarang dia sedang melanjutkan s1 nya lg selesai sakit,,menurut anda bagaimana apakah orang tua saya dapat kenaikan gaji yang seperti anda bilang kenaikan pns mencapai 100%???

  2. 2
    alfian Says:

    orang tua saya sebagai PNS apakah ada dari Anggota Komisi X (bidang pendidikan)biaya-biaya pengobatan / perawatan rumah sakit misalnya??
    selain askes…
    kalau ada kenapa kami harus mengeluarkan uang sendiri???
    saya rasa jangan kenaikan gaji saja lah yang diperhatikan dan perhatikan juga biaya kesehatan dari banyak anggota PNS…

  3. 3
    rita youfa Says:

    Bpk. Anggota komosi X DPR RI yth. Bagai mana dengan kenaikan gaji dosen Pak?. Terima kasih. Kami tunggu Infonya

  4. 4
    yubi lase Says:

    terimakasih atas partisipasinya kepada Panitia Anggaran DPR yang telah memperhatikan kesejahteraan guru-guru yang ada di Nias. Saya memberi komentar atas gaji yang akan dinaikkan tersebut.
    “Jangan hanya mengumbar janji saja, sebaiknya janji tetaplah dilaksanakan dengan tepat waktu. Jgn hanya janji melulu”. Sungguh berbahagialah guru yang akan mendengar kenaikkan gaji, karena penghasilan guru tersebut hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari, terkadang juga gaji itu tidak cukup dalam pemenuhan kebutuhan mereka. Untunglah Panitia Anggaran DPR telah memperhitungkan nasib guru, dan tidak mempetimbangkan gaji PNS. “Guru adalah Orang-orang yang mengenalkan kepada kita bagaimana cara kita untuk dapat memperoleh pengetahuan. Trims.

  5. 5
    jun ompu gaji mbozo kalteng Says:

    tentang gaji guru, harus ada perlakuan yang berbeda antara guru di kota jawa dengan guru di pedalaman kalteng. banyak guru di kalteng yang miskin, mereka perlu diselamatkan lho…

  6. 6
    sarwan sei rangit Says:

    pak mentri, saya punya orang tua kerja di tobong batu bata pak… saya pengen juga dapat gaji banyak seperti itu lho… tapi saya belum pns karena belum kuliah, lagian ortu gue gak punya biaya pak… bantu ya pak.. saya tunggu pak menteri ya… saya juga mau nikah ne… tapi itu tadi kagak punya uang ni…

  7. 7
    hermawan Says:

    Bohong…gaji guru naik 100 %, yang jelas guru yg sudah bersertifikat profesi baik masa kerjanya baru 2 tahun dst. itu baru naik 100% ( ada yg baru 2 thn lho masa kerjanya sudah bersertifikat).Kalau kita mah guru yg gajinya 2,5 jt, paling naik jadi 2,9 jt atau kurang dari itu kalau ga percaya….tunggu saja!

  8. 8
    hermawan Says:

    pemerintah kalau mau naikkan gaji guru caranya biar ga kebobolan banyak, pokok….18 %, Tj,Fungsional..Min.1 jt. Tnj. istri/anak tetap…Beras..25 %+ tunjdaerah. nah ini baru mendekati 100 %. kalau dengan sertifikasi profesi dan gurdacil mah atuh jangan diinformasikan naik, nanti ada fitnah buat guru yang belum bersertifikat, disangkanya naik 100% padahal utangnya yang naik.

  9. 9
    N Says:

    Maunya dari dulu guru dan dosen diperhatikan supaya negara bisa mencetak generasi dan SDM yang berkualitas.

  10. 10
    Nurdianto Says:

    Bohong!!!!!!!!!
    Pemerintah tidak bakalan menaikkan gaji guru.
    Hanya taktik pemerintah bekerja sama dengan pengusaha untuk menaikkan harga sembako.
    Dasar Munafik.

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2008
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031