*Total Nilai Aset yang Diserahkan Mencapai Rp. 361,7 Milyar

BRR dan berbagai lembaga donor, International Aid, Mercy Malaysia, Unicef, French Red Cross, Johanniter, LPAM Nias, ACTED, UNDP, ILO, MEDAIR, Spanish Red Cross dan World Vision International menyerahkan lagi asset rehabilitasi dan rekonstruksi Nias pada Jumat (17/10), bertempat di salah satu SD yang dibangun Unicef, SDN 070975 di Gunungsitoli Nias.

Penyerahan aset rekonstruksi Nias kali ini merupakan yang ke-4. Nilai aset yang diserahklan pada tahap 4 ini mencapai Rp. 361,7 Milyar, terdiri dari dana on Budget (APBN) yang dikelola BRR Perwakilan Nias sebesar Rp. 226,9 Milyar dan dana off-budget yang dikelola berbagai organisasi kemanusiaan sebesar Rp. 134,8 Milyar.

Agency for Technical Cooperation and Development (ACTED) menyerahkan bangunan Sekolah Dasar (SD) dengan nilai Rp. 8,374 Milyar. French Red Cross (FRC) menyerahkan bangunan sekolah serta air dan sanitasi senilai Rp. 14,1 Milyar. International Aid menyerahkan bangunan Puskemas dan Pustu senilai Rp. 3,2 Milyar. International Labour Organization (ILO) menyerahkan bangunan Jalan Kabupaten dengan nilai Rp. 14.539 Milyar.

Johanniter-International Assistance menyerahkan bangunan SD dengan nilai Rp. 1,6 Milyar. Lembaga Pencerahan & Advokasi Masyarakat Nias (LPAM-Nias) menyerahkan bangunan SD dengan nilai Rp. 1,7 Milyar. MedAir menyerahkan bangunan Puskesmas dan Pustu dengan nilai Rp. 1.54 Milyar. Mercy Malaysia menyerahkan bantuan untuk RSU Gunungsitoli serta bangunan Puskemas dengan nilai Rp. 13.4 Milyar dan Recovery Aceh-Nias Trust Fund (RANTF BRR NAD-Nias) menyerahkan bangunan RSU Gunungsitoli tahap 2 senilai Rp. 13,5 Milyar.

Spanish Red Cros (SRC) menyerahkan bangunban SD senilai Rp. 10,6 Milyar. United Nations Children’s Fund (UNICEF) menyerahkan bangunan SD senilai Rp. 20,9 Milyar. United Nations Development Programme (UNDP) berupa penguatan kelembagaan dan Pemda dalam bentuk bangunan dan komputer dengan nilai Rp. 2,5 Milyar dan World Vision International (WVI) berupa bangunan SD dengan nilai Rp. 28,3 Milyar.

Pemerintah Kabupaten Nias menerima aset sebesar Rp. 56,4 dari dana On-budget dan Rp. 114,7 dari dana Off-budget. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akan menerima Rp. 94,3 Milyar dari dana On-budget dan Rp. 20,1 Milyar dari dana Off-budget. Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga akan menerima aset rekonstruksi Nias sebesar Rp. 70,2 Milyar berupa 6 paket rekonstruksi Jalan Propinsi Sumatera Utara yang dibangun oleh BRR.

Aset yang diserahkan meliputi sektor yang luas. Pemkab Nias menerima 78 paket rekonstuksi sektor pendidikan, 20 paket kesehatan, 18 paket infrastruktur termasuk satu paket jalan Jalan Kabupeten, kesehatan 7 paket, ekonomi 4 paket dan agama, sosial budaya sebanyak 20 paket. Selain itu, sarana dan prasyarana transportasi sebanyak 2 paket, sektor irigasi 10 paket serta infrastruktur air minum dan drainase sebanyak 13 paket.

Pemerintah Kabupeten Nias Selatan menerima total 124 paket kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi, terdiri dari sektor agama sosial dan budaya, irigasi dan air minum. Ekonomi, jalan kabupeten, kelembagaan, kesehatan, pendidikan infrastruktur dan kelembagaan.

Acara serah terima ini akan dihadiri oleh Bupati Nias Binahati B. Baeha, Bupati Nias Selatan F. Laia serta Wakil Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Nurlisa Ginting. Selain itu juga dihadiri pimpinan 13 lembaga kemanusiaan yang menyerahkan aset dan termasuk Deputi Bidang Operasi BRR NAD-Nias Eddi Purwanto dan Kepala BRR Perwakilan Nias William P. Sabandar. (Sumber: Emanuel Migo – Manager Komunikasi dan Informasi BRR Perwakilan Nias)

Facebook Comments