Para gubernur bank sentral dan menteri-menteri keuangan dari negara-negara yang tergabung dalam Kelompok 20 (Group of Twenty – G-20) akan mengadakan pertemuan pada hari sabtu (11/10) di Washington untuk membahas krisis ekonomi yang sedang menghantui dunia saat ini.

Pertemuan mendadak ini diusulkan oleh pemerintah Brazil yang saat ini menjadi pemimpin kelompok itu. Berita tentang pertemuan itu menyusul perbincangan lewat telefon antara Presiden George W. Bush, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva.

Jurubicara gedung putih mengatakan perbincangan ketiga pemimpin itu adalah dalam rangka mendiskusikan “pentingnya seluruh negara bekerja sama mengkordinasikan berbagai langkah untuk mencari solusi terhadap masalah ekonomi dunia”.

Kelompok 20 tediri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazilia, Cina, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Mexico, Perancis, Rusia, Saudi Arabia, Turki, dan Uni Europa.

Kementerian keuangan Brazilia mengatakan pertemuan itu akan diadakan di kantor pusat Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, dan dikoordinasikan oleh Menteri Keuangan AS Henry Paulson.

Henry Paulson membenarkan rencana pertemuan itu sambil mengatakan kepada pers: “Melalui konsultasi dengan Brazilia sebagai presiden Kelompok 20 saat ini, saya mengundang pertemuan Kelompok 20 yang meliputi para pejabat senior bidang keuangan, gubernur bank sentral dan regulator untuk membicarakan bagaimana meminimalkan efek dari kekacauan pasar global dan situasi ekonomi yang memburuk di semua negara kita.” (hs/*)

Facebook Comments