Proyek jalan di Mandrehe dikerjakan asal jadi

Tuesday, September 30, 2008
By nias

GUNUNGSITOLI – Pengerjaan proyek pembangunan jalan ruas Lolohia menuju Lasara faga, Kecamatan Mandrehe Barat berbiaya Rp590.625.000 dikerjakan asal jadi. Di sepanjang ruas jalan yang sudah dan sedang dikerjakan sudah terlihat rusak dan berlubang.

Sejumlah masyarakat yang di temui Waspada menyebutkan, mereka sangat kecewa kepada kontraktor pelaksana CV Fariani Lestari atas pengerjaan jalan dimaksud.

Menurut warga proyek jalan yang bersumber dari dana APBD Kab. Nias 2008 saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Di sepanjang ruas jalan yang baru diaspal sudah banyak terkelupas dan berlubang. Cepat rusaknya jalan yang baru diaspal menurut warga disebabkan beberapa hal di antaranya pemadatan jalan asal-asalan serta penyiraman aspal tidak merata atau asal hitam. Akibatnya ketika diguyur hujan dan dilewati kendaraan permukaan jalan terkelupas dan berlubang.

Warga juga sangat menyesalkan kinerja dari konsultan pengawas yang sepertinya menutup mata dan tidak mau tahu apakah pekerjaan kontraktor pelaksana sesuai aturan atau tidak. Hal ini diduga karena antara konsultan pengawas dengan kontraktor telah main mata sehingga pengerjaan pembangunan jalan yang sudah lama didambakan masyarakat di daerah itu tidak diawasi dengan baik.

Secara terpisah Wakil Direktur CV Fariani Lestari, Ruslan Zai, SH yang dihubungi Waspada yang mempertanyakan sudah rusaknya proyek jalan mempersilahkan wartawan melihat langsung di lapangan.

Sementara PPTK, Yanuari Zebua yang diminta tanggapannya menyebutkan rusaknya jalan yang sedang dikerjakan tersebut disebabkan karena bencana alam atau banjir. Namun menurut Zebua, pihaknya telah memerintahkan kontraktor untuk memperbaikinya kembali apalagi masa pelaksanaan pekerjaan masih berjalan. (Waspada Online, 30 September 2008)

2 Responses to “Proyek jalan di Mandrehe dikerjakan asal jadi”

  1. 1
    Fidel D Giawa Says:

    Apakah wartawan sudah turun ke lapangan melihat kondisi jalan yang dikabarkan rusak?

    Pembangunan jalan yang asal-asalan bukan berita baru. Bagi masyarakat yang merasa memang ada perkeliruan pada pelaksanaan proyek ini sebagiknya minta diaudit oleh BPK.

  2. 2
    Moriz Waruwu Says:

    Kepada masyarkat Nias (mandrehe barat) hendaknya dalam setiap pekerjaan yang dlkukan contractor harus ikut cmpur jg untuk mengawasi dan kalau bisa setiap kerusakan atau hasil kerja contractor yg tidak sesuai dengan design supaya di ambil dokumentasinya (foto lapangan) sebagai bukti pengaduan…

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930