Gubsu, DPRD Sumut dan Tim Teknis Depdagri Tandatangani Berita Acara Hasil Observasi Lapangan Protap

Tuesday, September 30, 2008
By nias

Gubsu H Syamsul Arifin Silaban SE mengatakan, kunjungan hasil observasi lapangan yang dilakukan Tim Teknis Depdagri beserta Pemprovsu dan Pemrakarsa dapat mendorong semangat persatuan dan kesatuan masyarakat yang akan bergabung pada Provinsi Tapanuli.

Demikian Gubsu, Kamis (25/9) di Ruang Mawar Kantor Gubsu pada Rapat Hasil Tim Teknis Depdagri dalam rangka observasi lapangan pembentukan Provinsi Tapanuli yang dihadiri Ketua Tim Teknis Depdagri Wachju M Nadjib SH dan rombongan, Ketua Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli Ir GM Chandra Panggabean, mewakili DPRD Sumut Edison Sianturi dan tokoh masyarakat tapanuli DR GM Panggabean.

Hasil kunjungan Tim Teknis Depdagri yang melakukan observasi lapangan terhadap cakupan calon wilayah pembentukan Provinsi Tapanuli, kata Gubsu, akan dituangkan dalam berita acara sebagai bahan bagi pemerintah pusat dalam proses pembentukan Provinsi Tapanuli.

Gubsu didampingi Asisten Tatapraja Setdaprovsu Hasiholan Silaen SH, Kakesbang Linmas, Kabiro Otda Drs Bukit Tambunan juga menyebutkan, selaras dengan tuntutan reformasi dan keinginan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga tumbuh dan berkembang kesamaan pandangan masyarakat baik di bidang politik, ekonomi, sosial maupun budaya untuk terbentuknya daerah otonom baru.

Mengamati pemekaran daerah, Pemprovsu selalu menyikapi aspirasi daerah dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan dan kriteria persyaratan yang harus dipenuhi antara lain kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, politik, jumlah penduduk, luas daerah dan pertimbangan lain yang memungkinkan terselenggaranya otonomi daerah.

Dengan demikian, kata Gubsu, tujuan pemekaran adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan umum, meningkatkan daya saing daerah dan terpeliharanya kondisi masyarakat yang kondusif dan harmonis.

“Aspirasi yang demikian itu pula yang berkembang kurang lebih lima tahun lalu melalui Kongres Masyarakat Tapanuli pada tanggal 6 April 2002 di Kota Tarutung dengan dideklarasikannya keinginan untuk pembentukan Provinsi Tapanuli,” ujar Gubsu.

Tim Teknis Depdagri yang hadir yakni Drs Zulkarnain, Endang Sulistyaningsih SH, MH, Drs Robert D Megawe MRP, Kolonel Drs Sumedi W, Nugroho Imam Santoso SE, MM, Siti Zahro SH,MSi, Ir Darwis Sitinjak, Drs Nyak Margalena, Ir Ahmad Kamil MSi, S Endarto Ssos. Sedang Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli yang hadir yakni Ir Hasudungan Butarbutar MSi (Sekretaris Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli), Budiman Nadapdap SE, Jumongkas Hutagaol, Ir KCT Sianturi, DR Binsar Situmorang MSi, DR (HC) Toga Sianturi, Hitler Siahaan SH, Sanco Manullang ST,MT, Albert Kang, Sanggam SH Bakkara, Harman Manurung, Denni Samosir, Sardi Giawa, Rinawati Sianturi dan Rooslynda Marpaung.

Gubsu juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Teknis Depdagri di Provsu dalam rangka pelaksanaan observasi lapangan kepada cakupan calon wilayah pembentukan Provinsi Tapanuli.

Sementara Anggota Tim Teknis Depdagri Drs Robert D Megawe membacakan berita acara bahwa persyaratan teknis telah lengkap.

Hasil observasi lapangan calon Provinsi Tapanuli yang dilakukan Tim Teknis Depdagri ini ditandatangani Gubsu H Syamsul Arifin, Edison Sianturi (DPRD Sumut) dan Direktur Fasilitasi Hubungan Antar Lembaga Depdagri Wachju M Nadjib SH.

Sementara itu, Ketua Tim Teknis Depdagri Wachju M Nadjib SH mengatakan bahwa tim telah selesai melakukan observasi lapangan yang hasilnya akan dilaporkan kepada Mendagri. “Kita hanya melihat kondisi riil, melihat calon ibukota, persiapan infrastruktur dan sebagainya. Nanti ditabulasi dulu,” ujarnya seraya menyebutkan, hasil observasi ini juga setelah dilaporkan ke Mendagri untuk dibahas DPOD kemudian akan diserahkan kepada Presiden dan seterusnya dibawa ke DPR RI.

Sedang Ketua Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli IR GM Chandra Panggabean mengatakan bahwa Tim Teknis Depdagri telah mencek kelengkapan teknis dan kesiapan teknis calon Provinsi Tapanuli telah lengkap seperti lapangan terbang, kantor gubernur, kantor DPRD, dan infrastruktur.

“Kita mengharapkan DPOD dapat menyatakan Provinsi tapanuli telah layak setelah turunnya Tim Teknis Depdagri ke wilayah cakupan calon Provinsi Tapanuli,” ujar Ir GM Chandra Panggabean.

Usai rapat,Tim Teknis Depdagri, Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli dan Gubsu yang dipandu Ir GM Chandra Panggabean mengajak para peserta rapat bernyanyi Lagu Happy Birthday dan Selamat Ulang Tahun bersamaan dengan hari ulang tahun Gubsu ke-59 yang jatuh 25 September ini. (Situs Pemprovsu: www.sumutprov.go.id – 26 September 2008)

Komentari

Kalender Berita

September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930