Gunungsitoli, 26 September 2008 – Di tengah kesibukan persiapan liburan Idul Fitri, UNICEF kembali melaksanakan serahterima 2 sekolah secara bersamaan kepada Pemerintah Kabupaten Nias dan masyarakat setempat hari ini.

Sekolah-sekolah tersebut 1). SDN 075030 Ambukha, 2). SDN 077779 Sisobahili Tabaloho Dahana, yang masing-masing termasuk dalam Kecamatan Gunungsitoli Utara (Tuhemberua), dan Gunungsitoli. Serah terima 2 sekolah ini, kembali melengkapi pembangunan sekolah UNICEF menjadi 11 dari 80 sekolah yang menjadi komitmen untuk dibangun oleh UNICEF di Kabupaten Nias.

Serahterima dilaksanakan oleh CFO UNICEF Nias Raoul de Torcy kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, disaksikan oleh Head Office of UNOPS Zel Alemm, Head of Construction Unit UNICEF Praful Soni dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Nias.

Serahterima 2 sekolah secara bersamaan kali ini, mendorong percepatan proses pembangunan sekolah yang lain di tengah kondisi tingginya bahan material bangunan akibat kebijakan kenaikan bahan bakar oleh pemerintah pusat. Kerjasama dan dukungan yang kuat dari pemerintah Kabupaten Nias dalam proses pembangunan sekolah ini menjadi kekuatan dan tumpuan utama dalam upaya penyelesaian semua proyek pembangunan infrastruktur UNICEF.

Sekolah-sekolah yang dibangun kembali oleh UNICEF melalui mitra pelaksana UNOPS, ini merupakan sekolah ramah anak dengan tipe bangunan LGS (baja ringan). Bermanfaat kepada lebih kurang 200-an siswa, masing-masing sekolah dibangun dengan 6 ruang kelas, 1 ruang majelis guru, 1 ruang perpustakaan serta kamar kecil yang terpisah untuk murid laki-laki dan perempuan, yang masing-masing dilengkapi toilet dan wastafel. Guna meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar, sekolah ini juga dilengkapi dengan perangkat belajar mengajar seperti meja dan kursi murid serta meja guru sampai dengan perlengkapan olah raga seperti meja ping-pong beserta peralatannya, bulu tangkis dan bola voli.

Ketua Komite Sekolah SD Sisobahili Tabaloho Dahana dalam persiapan acara serah terima menyatakan ‘Kami sangat bangga UNICEF telah membangun sekolah ini dengan bangunan yang bagus dan tahan gempa. Bangunan sekolah ini menjadi kebanggaan kami karena penting bagi pendidikan dan masa depan anak-anak kami’.

Yulisadarwati Halawa salah satu murid kelas 2, SD Sisobahili Tabaloho Dahana tanpa malu-malu berkata ‘Sekolah saya sekarang sangat bagus, meja kursi baru yang sangat bagus. Saya sangat senang punya gedung sekolah baru yang bagus, toiletnya juga bagus. Kini dan nanti kalau belajar di kelas saya tidak akan digigit nyamuk lagi, karena ruang kelas tertutup dan bersih. Tentunya saya juga akan rajin menyapu kelas bersama teman-teman’.

CFO UNICEF Nias Raoul de Torcy dalam sambutan singkatnya yang disampaikan dalam bahasa Nias yang menarik menyampaikan bahwa “UNICEF merasa bangga dan berbesar hati untuk kembali menyerahterimakan 2 sekolah kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias. Dengan selesainya 11 sekolah saat ini berharap akan mendapat perawatan yang baik sehingga menjadi tempat belajar yang sempurna bagi anak-anak Nias”. (FR/brk*)

Facebook Comments