Medan – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Masyarakat Nias (DPD HIMNI) Sumut Sudirman Halawa SH menyatakan warga masyarakat Nias dalam wadah HIMNI siap mendukung dan sukseskan kepemimpinan Gubsu H Syamsul Arifin SE dan Wagubsu Gatot Pujo Nugroho ST dalam membangun daerah Sumut ke depan.

“Untuk itu , kami datang mengadakan kunjungan silaturahmi kepada Gubsu guna menyampaikan pokok-pokok pikiran dalam upaya membangun daerah ini.” ujar Halawa, didampingi Penasehat H Harefa SH (mantan Wkl Ketua Pengti Sumut), Wakil Sekretaris Saroli Giawa SE dan Bendahara Arosokhi Waruwu SH ketika mengadakan pertemuan dengan Gubsu, Rabu (17/9) di ruang kerja Gubsu Jl Diponegoro 30 Medan.

Dalam kesempatan itu Halawa menyatakan harapan agar Gubsu memperhatikan dan mengambil langkah-langkah strategis dalam kelanjutan pembangunan Nias, termasuk setelah peralihan BRR Apri 2009 nanti. Karena menurutnya kesiapan SDM ditinjau dari segi kemampuan untuk pemeliharaan masih belum optimal, juga peran Pemkab Nias/Nias Selatan yang kurang optimal akibat keterbatasan dana pemeliharaan. Juga disinggung tentang masalah pendidikan dan transportasi yang masih tertinggal disbanding daerah lain. Untuk itu diharapkan perhatian Gubsu agar memberikan beasiswa bagi pelajar Nias berprestasi, guna mengejar ketertinggalan itu.

Selain itu Penasehat HIMNI Zakaria Lafau (Mantan Bupati Nias) .mengharapkan bidang pariwisata perlu mendapat perhatian khusus untuk membangkitkan iklim pariwisata di Nias seperti perbaikan jalan ke desa-desa, tranportasi kapal laut yang tersendat agar dihidupkan kembali seperti KM Kerinci yang pernah beroperasi ke Teluk Dalam sekarang sudah berhenti, tolong upaya Gubsu agar ini dapat dihidupkan kembali, karena sarana ini sangat strategis untuk mengangkat alat berat ke pulau Nias.

Sementara itu, Wakil Ketua Himni Penyabar Nake (Anggota DPRD Sumut) meminta perhatian Gubsu untuk melakukan upaya kepada pemerintah pusat agar pembangunan ring-road Nias yang hanya 50 % kondisinya baik dapat diperhatikan oleh pemerintah pusat. Ini dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Nias.

Menanggapi masukan DPD Himni itu, Gubsu yang didampingi Asisten Binhuksos Drs H Rahudman Harahap, Kabid Pembinanan Organisasi Kemasyarakatan Kesbang Linmas Sumut Drs Solahuddin Daulay dan Kabid Humas Pimpinan Drs Maringan Tobing mengatakan keberadaan organisasi ini sebagai wadah berhimpun warga Nias dapat menjadi motor penggerak pembangunan di Nias, terutama dalam membangun kesatuan dan kekompakan. Karena menurut Gubsu, Nias yang punya potensi sangat besar, bila dikelola oleh masyarakatnya secara kompak dan menyatu maka akan dapat mengejar ketertinggalannya dari daerah lain di Sumut, apalagi Nias kaya akan keindahana alam, laut dan perikanan serta pertanian dan perkebunan.

Gubsu berpendapat perlunya dibangun di Nias sekolah-sekolah pertanian (perikanan, peternakan, pertanian dan perkebunan) mulai dari tingkat SMP, SMK dan D3, dan yang perlu dihidupkan adalah perekonomian masyarakatnya. Gubsu juga mengajak putra-putri Nias yang telah berhasil di perantauan untuk aktif memperhatikan daerah Nias agar kehidupan dapat berobah ke arah yang lebih baik.

Gubsu mengatakan harus dirobah dari berperang adu otot fisik menjadi perang melawan kemiskinan dan kemelaraatan. Untuk itu diharapkan para tokoh masyarakat bersama warga bersatu membangun untuk mewujudklan Nias yang maju dan sejahtera. (SIB, 18 September 2008)

Facebook Comments