Nias – BRR (Badan Rehabilitasi dan Rekrontruksi) NAD-Nias perwakilan Nias membangun jalan kabupaten dengan hotmix.Peresmian pembangunan dilaksanakan Bupati Nisel (Nias Selatan) F Laia di Helezalulu, ibukota Kecamatan Lahusa Rabu (10/9).

Jalan yang dibangun sepanjang 29 Km yaitu dari Helezalulu ibukota Kecamatan Lahusa menuju Kecamatan Gomo dan Sisarahilioyo menuju Tuhemberua Kabupaten Nias Selatan. Perencana pembangunan Consultan Supervisi DH V dengan pelaksana PT BCK Jaya Kontruksi. Waktu pelaksanaan 480 hari kalender, dengan nilai proyek Rp 109,6 milyar dari Bank Dunia.

Bupati F Laia dalam peresmiannya mengatakan, pembangunan jalan ini hampir gagal, namun berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk BRR maka pembangunan jalan terlaksana.

Kepala BRR Distrik Nisel Heracles Lang dalam sambutannya membernarkan pembangunan jalan itu hampir gagal karena syarat yang ditetapkan pihak donor sangat ketat dan itu semua sebenarnya untuk kepentingan kita juga. Ia memberi contoh salah satu syarat yaitu pembangunan tidak merusak lingkungan.

Sumber dana dari Bank Dunia Rp109,6 milliar. Ia mengharapkan dukungan semua pihak agar pembangunan berjalan lancar sehingga dapat selesai tepat waktu.

Acara.peresmian dihadiri Camat Lahusa S Bu’ulõlõ, Camat Gomo C Telaumbanua, Camat Lõlõmatua diwakili Sekcam Leo Faigimanõ Halawa dan Unsur Muspika, para kepala desa dan tokoh masyarakat. (OLS/SB/g)

Facebook Comments