* Demokrat menyerang balik Sarah Palin

John McCain menerima nominasi Partai Republik kemarin (4/9) dalam konvensi yang didominasi oleh kontroversi atas pilihannya untuk posisi calon wakil presiden, Sarah Palin.

Panggung St Paul’s Xcel Energy Centre diubah menyerupai tempat pertemuan balai kota, di mana McCain dikelilingi oleh para delegasi yang mengukuhkan nominasinya sehari sebelumnya.

Sebelum senator dari Arizona itu menyampaikan pidatonya, diputar sebuah film biografi yang berfokus pada kepahalawanannya – termasuk 5 tahun sebagai tawanan perang di Vietnam.

“Di mana sejumlah orang melihat bahaya, John McCain menerima sebuah tantangan. Di mana sejumlah orang melihat krisis, John McCain menciptakan kesempatan. Di mana sejumlah orang melihat kekalahan, John McCain berkeras merebut kemenangan,” kata mantan gubernur negara bagian Pennsylvania, Tom Ridge.

Sejumlah ahli strategi Partai Republik memperkirakan kemarin pagi bahwa McCain, yang jarang memukau publik dalam pidato-pidatonya, tidak akan bisa mengimbangi penampilan memukau kandidat wakil presiden pilihannya, Sarah Palin.

Pidato Sarah Palin, gubernur Alaska, yang berdurasi 36 menit itu menyemangati para utusan melalui serangan tajamnya terhadap Barack Obama dan pembelaannya yang bersembangat akan kualifikasinya sebagai calon wakil presiden. Diperkirakan 37 juta pemirsa televisi menonton pidato Palin, hampir sama dengan jumlah yang menonton pidato Obama di Denver minggu lalu. Para ahli strategi kampanye McCain menyatakan puas akan pidato Sarah Palin, melalui mana ia membangun citranya sebagai politisi tingkat tinggi dalam perpolitikan Amerika.

“Saya tidak ragu mengatakan bahwa nama gubernur Sarah Palin sekarang sangat dikenal,” kata menajer kampanye Rick Davis kepada wartawan.

Tim kampanye Obama tidak menganggap serius eforia sekitar pidato Sarah Palin dan menuduhnya memutarbalikkan capaian Barack Obama. Mereka juga mempertanyakan klaim Sarah Palin sebagai “orang luar” di Washington.

“Tidak satu pun hal yang dikatakannya tentang Barack Obama atau program-programnya yang benar”, kata ahli strategi utama David Axelrod.

“Bagi seseorang yang mengatakan ia bukan dari Washington, kelihatannya ia akan sangat cocok di sana.”

Kandidat wakil presiden Partai Demokrat Joe Biden, yang akan menghadapi Palin dalam sebuah debat bulan depan, memuji pidato Sarah Palin dan melukiskannya sebagai seorang lawan tangguh, tetapi dia mengkritik isi pidato tersebut.

“Semalam, yang kita dengar adalah serangan-serangan partisan dan tak ada solusi-solusi ril,” kata Biden. “Saya tidak mendengar satu katapun tentang kesehatan. Saya tidak mendengar satu kata pun tentang pendidikan. Saya tidak mendengar satu kata pun yang bersifat substantif.”

Jo Biden mengatakan beberapa komentar media tentang Sarah Palin terkesan seksis dan berkeras bahwa perbincangan tentang kehidupan keluarga Palin, termasuk kehamilan di luar nikah anak perempuannya yang berumur 17 tahun sudah di luar batas kewajaran.

“Setiap keluarga memiliki kesulitannya sendiri dalam membesarkan anak-anaknya. Saya pikir cara Sarah Palin mengahadapi semua itu sangat baik,” kata Biden.

Sejak konvensi Partai Demokrat di Denver minggu kemarin, Barack Obama menikmati 6 poin keunggulan atas McCain. Kubu McCain percaya konvensi Partai Republik yang baru saja berakhir akan menetralkan keunggulan Obama. (IT/*)

Facebook Comments