Medan – Komisi A DPRD Sumut menegaskan, Kabupaten Nias dan Nisel (Nias Selatan) perlu segera melakukan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) khususnya di bidang kesehatan maupun pertanian, sehingga diharapkan ada kerjasama dengan perguruan tinggi untuk meraih S1 (sarjana) maupun S2 (pasca sarjana).

Penegasan itu diungkapkan Sekretaris Komisi A DPRD Sumut Drs Penyabar Nakhe kepada wartawan, Senin (1/9) di DPRD Sumut menanggapi masih rendahnya SDM di Nias dan Nisel.

“Sekarang, pasca berakhirnya BRR Nias, perlu segera ditindaklanjuti di bidang kesehatan untuk menunjang program penguatan SDM (capacity building), terutama melahirkan tenaga dokter umum, program keperawatan, ilmu kesehatan masyarakat dan konseling),” kata Nakhe.

Selain itu, katanya, penguatan SDM di bidang pertanian juga sangat membutuhkan tenaga ahlinya, agar daerah yang selama ini dianggap terbelakang dibandingkan dengan daerah lain di Sumut bisa menjadi wilayah penghasil swasembada beras pada 2009.

“Penguatan SDM di bidang pendidikan juga tak kalah pentingnya, sehingga untuk mencapai program peningkatan SDM ini, Pemkab Nias dan Nisel perlu segera mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi di daerah ini, guna meraih tenaga terdidik tamatan S1 maupun S2,” ujar fungsionaris GAMKI Sumut itu.(SIB, 02/09/2008)

Facebook Comments