Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang PIKI Kabupaten Nias, Masa Bakti 2008-2013

Tuesday, August 19, 2008
By nias

Gunungsitoli – Pelantikan DPC Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) telah dilaksanakan pada hari Kamis 14 Agustus 2008 bertempat di gedung Gereja Distrik BNKP Kota Gunungsitoli, Jl. WR. Supratman no. 6.

Acara pelantikan ini dimeriahkan oleh penampilan koor Pesparawi Kabupaten Nias yang membawakan lagu Yesu si Ndruhu Lala, Mari membangun dan Ngenu Lagia. Bupati Nias Binahati B. Baeha SH, dalam sambutannya mengatakan agar DPC PIKI Nias dapat berperan aktif dalam membawa nilai-nilai kekristenan di tengah-tengah masyarakat Nias secara khusus. Beliau juga menyinggung persoalan yang dialami oleh masiswa STT Setia di Jakarta yang “nasibnya” belum menentu sampai saat ini, yang menurutnya perlu disikapi.

Moment pelantikan DPC PIKI Nias juga memiliki nilai tersendiri karena dihadiri oleh PEMDA NIAS, pimpinan-pimpinan gereja seperti Pimpinan PGI Daerah Nias, Ephorus BNKP, AFY, ONKP dan gereja-gereja lainnya yang ada di kabupaten Nias, demikian pula dengan organisasi keumatan Kristen seperti GAMKI, GMKI, KNPI dan ormas Kristen lainnya.

Dalam khotbahnya Pdt. Budiman Laowõ, S.Th, MA mengatakan bahwa iman Kristen tidak hanya berbicara hal-hal surgawi tetapi juga masalah-masalah sosial ekonomi, politik dan budaya diman DPC PIKI Nias dapat mengambil bagian.

Sedangkan Ephorus BNKP dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang problematik saat ini, baik itu dalam bidang agama, sosial, ekonomi, politik dan budaya maka PIKI di daerah Nias diharapkan dapat menyikapi dan mencermati hal tersebut.

Ada begitu banyak ketidak adilan yang dialami umat Kristen dewasa ini di antaranya, kesulitan mendapatkan ijin pembangunan gereja, penggusuran bahkan pembakaran gedung-gedung gereja dan ketidakpastian yang dialami oleh mahasiswa-mahasiswi STT Setia-Jakarta di mana dari +1200 mahasiswanya lbih dari 400 adalah putra-putri daerah Nias.

Ephorus BNKP mengajak kaum cendikiawan Nias melalui wadah PIKI dan DPC PIKI NIAS secara khusus berperan aktif di daerah Nias khususnya untuk mengadakan kajian-kajian ilmiah, pelatihan-pelatihan keahlian bahkan pekabaran Injil yang dapat disumbangkan bagi kemajuan gereja-gereja dan perguruan-perguran tinggi dan masyarakat. Menjalin kerjasama dan berjejaring dengan lembaga gereja, organisasi keumatan Kristen, lembaga pemerintah dan swasta dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan, kesaksian dan pelayanan.

Acara yang juga menampilkan koor Orudua distrik BNKP kota Gunungsitoli dan VG Solideo Lõlõwua, melantik ketua DPC PIKI NIAS Pdt. Saro Gea, S.Th (yang juga menjabat Bishop Gereja AMIN) dan sekretaris DPC PIKI NIAS Pdt. Juliman Harefa, M.Div, M.Th oleh Ketua Umum DPP PIKI Bp. Cornelius Ronowidjojo, ia berpesan agar DPC PIKI NIAS mengantispasi situasi dan kondisi bangsa dan Negara RI ke depan termasuk bila di kemudian hari Kab. Nias menjadi Propinsi maka DPC PIKI NIAS menjadi embrio Dewan Pengurus Daerah. Ketua Umum DPC PIKI tersebut tidak dapat menyembunyikan rasa bangganya karena ia melihat langsung para pimpinan-pimpinan gereja, birokrat dan ormas Kristen dapat duduk bersama dalam wadah DPC PIKI Nias.

Pada bagian penutup Ephorus BNKP Indonesia Pdt. MA. Lase, S.Th mengungkapkaan kelegaannya dengan pelantikan ini, karena apa yang telah dicita-citakan telah terwujud, untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah turut ambil bagian dalam acara pelantikan DPC PIKI Nias. Pdt. Beniami, S.Th, MA mengakhiri acara pelantikan dengan Doa Penutup. (Berita: Pdt. Juliman Harefa, M.Div, M.Th).

One Response to “Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang PIKI Kabupaten Nias, Masa Bakti 2008-2013”

  1. 1
    dra.Forencia Hulu Says:

    Puji Tuhan telah dilantik pengurus PIKI di Nias, harapan saya pengurus bekerja melaksanakan mandat dan otoritas dari Tuhan Yesus, untuk menjaga iman kaum muda intektual Nias, bagi kemuliaan Nya. Yaahowu

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2008
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031