John McCain, calon presiden dari Partai Republik membuat kelakar baru ”membunuh orang-orang Iran dengan rokok”. Kelakar yang tidak lucu ini muncul ketika para wartawan menanyakan sikap McCain terhadap kenaikan ekspor rokok Amerika ke Iran.

McCain menjawab bahwa mungkin ini “suatu jalan untuk membunuh mereka (orang-orang Iran)”

Selama dua periode pemerintahan Bush, ekspor Amerika ke Iran naik 10 kali lipat, dan rokok merupakan bagian dari kenaikan yang signifikan itu.

“Barangkali ini jalan untuk membunuh mereka,” kata McCain kepada para wartawan sewaktu berkampanye di Pittsburgh. Namun McCain segera menyadari pernyataannya dan meneruskan: “Itu tentu saya maksudkan sebagai sebuah kelakar, sebagai seorang yang tak pernah merokok selama 28 tahun, 29 tahun,” sambil tertawa.

Pada sebuah pertemuan di South Carolina tahun lalu, McCain – dalam menjawab pertanyaan apakah dia berencana menyerang Iran – memulai jawabannya dengan pelesetan lirik sebuah lagu pop “Barbara Ann”.

“Anda tahu kan lagu lamanya Beach Bouys ‘Bomb Iran’ (pelesetan dari ‘Barbara Ann’ – red.) ?” katanya, lalu menyanyikan: “Bomb bomb bomb, bomb bomb Iran” (peseletan dari: ‘Ba ba ba ba barbara ann’). Sesudahnya ia baru menjelaskan tentang apa yang dia sebut sebagai ancaman serius Iran terhadap Israel dan keamanan internasional.

Ketegangan antara Amerika dan Iran meninggi karena program nuklir Iran, yang menurut Washington bertujuan membuat bom atom tetapi Teheran mengatakan program tersebut adalah untuk pembangkitan energi.

Selama kampanye, gerak-gerik dan pernyataan kedua calon presiden selalu menjadi bahan pengamatan para wartawan yang ingin menjadikannya berita utama. (Reuters/LA Times).

Facebook Comments