Ruas Jalan Propinsi Gunungsitoli–Telukdalam Kini Bisa Ditempuh 1,5 Jam

Tuesday, June 24, 2008
By nias

Gunungsitoli – Ruas jalan propinsi yang menghubungkan Gunungsitoli Kab Nias–Telukdalam (Nisel), dengan efektif lebih kurang 180 Km, kini telah dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam hingga 2 jam akibat “mulusnya” kondisi jalan. Bahkan, bila dibandingkan dengan kondisi Jalan Negara Sibolga-Tarutung, jalan propinsi di Kab Nias jauh lebih bagus.

Warga Gunungsitoli, Agustinus Harefa saat di temui dikediamannya di jalan Diponegoro mengaku bangga dengan pembangunan jalan yang telah dilakukan oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR).

“Kita merasa bersyukur, sejak BRR hadir, jalan di Kab Nias kini menjadi bagus, dan Kab Nias yang dulunya minim pembangunan akibat anggaran Pemerintah Daerah yang terbatas, kini telah bercahaya. Boleh dikatakan, BRR telah memberikan sesuatu yang berarti bagi masa depan Kab Nias,” sebutnya.

Sementara, Ketua komisi C DPRD Nias, Damili R Gea SH saat dimintai pendapatnya soal pembangunan jalan propinsi di Kab Nias mengatakan, dari sisi ekonomi pembangunan ruas jalan Gunungsitoli-Telukdalam sangat membantu peningkatan perekonomian masyarakat, sebab akses transportasi dari Gunungsitoli menuju Telukdalam kini semakin baik akibat pembangunan jalan propinsi yang dilakukan BRR.

Namun, Damili merasa kecewa dengan realisasi pembangunan jalan lingkar, khususnya yang menghubungkan Awaai-Sawo dan Sawo-Lahewa yang hingga kini pembangunannya belum tersentuh BRR.

Ia berharap, sebelum BRR meninggglkan Nias, jalan lingkar yang menghubungkan Nias-Nisel dapat terealisasi. Melalui pembangunan jalan lingkar tersebut, perekonomian masyarakat semakin meningkat, sehingga tingkat kemiskinan di Kab Nias sebanyak 61.278 KK dari jumlah penduduk Kab Nias sebanyak lebih kurang 94.000 KK (data tahun 2007) akan turun secara signifikan.

Kepala BRR Perwakilan Nias melalui Manager Komunikasi dan Informasi, Emmanuel Migo menjelaskan, tidak semua jalan lingkar yang menghubungkan Nias-Nisel dananya bersumber dari BRR, tapi ada beberapa bagian yang berasal dari komitmen Word Bank.

“Kalau pun ada ruas jalan lingkar yang belum dikerjakan BRR, itu hanya berkisar lebih kurang 7 Km, dan diharapkan dalam tahun ini akan segera terealisasi,” katanya. (T4/T15/m) (SIB, 23 Juni 2008)

2 Responses to “Ruas Jalan Propinsi Gunungsitoli–Telukdalam Kini Bisa Ditempuh 1,5 Jam”

  1. 1
    Alex Telaumbanua Says:

    Pembangunan pulau Nias mengubah wajah buram pulau ini menjadi indah nan berseri…

    Proviciat untuk pembangunan pulau Nias

  2. 2
    Beatus Halawa Says:

    Untuk seluruh warga nias, selamat menikmati..
    Semoga infrastruktur yang telah ada dapat terus dipelihara dan ditingkatkan oleh Pemda Nias dan Nias Selatan bersama-sama dengan seluruh masyarakat nias. Ya’ahowu mbanuada fefu !

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2008
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30