Gunungsitoli – Kodim 0213- Nias peringati HUT Kodam I/BB ke-58, ditandai dengan upacara di Makodim dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Desa Mudik, Jumat (20/6) dipimpin inspektur upacara Dandim 0213 Letkol CZI Ferry Kistiana dan Kasdim Mayor Inf Jhonni Parhusip.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo dalam sambutannya yang dibacakan Dandim 0213-Nias Ferry Kistiana mengatakan, Kodam I/Bukit Barisan dengan cakupan wilayah tangungjawab yang demikian luas merupakan kompartemen strategis di darat yang bertugas melaksanakan pembinaan kekuatan, sekaligus sebagai kotama operasional TNI yang ikut bertangungjawab menciptakan kondisi yang kondusif bagi kelangsungan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang demoikratis.

“ Dilihat secara geopolitik dan geostrategi, daerah ini menyimpan potensi masalah yang bila tidak dikelola dengan benar akan berpeluang menimbulkan ancaman dibidang pertahanan, keamanaan, ekonomi dan politik,” sebutnya.

Dalam kaitan itu, pinta Kasad, Kodam I/BB hendaknya senantiasa membangun secara terus menerus kesiapan operasional satuan –satuan jajarannya, senantiasa mempersiapkan personil dan material yang dimilikinya untuk menghadapi kontijensi yang terjadi.

“Saya minta semangat patriotisme ini harus ditularkan kepada masyarakat oleh setiap warga Kodam I/BB dan TNI Angkatan Darat pada umumnya, dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari yang arif, bijaksana, cerdas dan beradab, karena memang kita bangsa beradab”, ujarnya.

Usai memimpin upacara dan ziarah ke TMP di Desa Mudik, Dandim Ferry Kistiana kepada wartawan menjelaskan, dalam rangkaian peringatan HUT Kodam I/BB ke-58, Kodim 0213-Nias melaksanakan berbagai kegiatan antara lain, karya bhakti TNI di pasar Luaha Kel.Ilir Gunungsitoli, rumah-rumah ibadah dan fasilitas-fasilitas umum lainnya, donor darah di RSU G.Sitoli, Anjangsana di Panti Asuhan , olah raga bersama TNI/Polri dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

“Kegiatan sosial yang dilakukan jajaran Kodim 0213-Nias ini adalah sejalan dengan tema peringatan HUT Kodam I/BB pada tahun ini yakni, dilandasi semangat patriotisme dan profesionalis keprajuritan, serta kemanunggalan TNI dan rakyat, Kodam I/BB siap melaksanakan tugas pokok TNI,” ujar Dandim yang akan dipromosikan dalam waktu dekat sebagai Dandim Labuanbatu ini. (T4/T15/g) (SIB, 22 Juni 2008)

Facebook Comments