Medan (SIB)
Enam atlet dari kabupaten Nias ikuti Olimpiade tingkat SD se Sumut diselenggarakan Dinas Pendidikan Sumut berlangsung 15-18 Juni 2008 di Asrama Haji Medan. Peserta Kabupaten Nias mengikuti cabang tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis dan catur. Uziel Lasosaro Zebua meraih juara II tenis lapangan putra dan Putri Wulan Purnama Sialagan meraih juara III tenis meja putri.

Keikutan atlet Nias ini selain binaan pelatih dan offisial tidak terlepas dari dukungan orang tua mereka masing-masing. Sedangkan keberangkatan kontingen Nias ke Medan mendapat dukungan penuh dari Bupati Binahati B Baeha SH selaku Ketua Umum KONI Nias dan ibu Lenny B Baeha, Dinas Pendidikan Kabupaten Nias dan kepala sekolah masing-masing atlet.

Uziel Lasosaro Zebua pelajar klas 2 SD Mutiara Gunung Sitoli beralamat Jalan Pancasila No 17 Gunung Sitoli sepenuhnya didukung orang tuanya Daniel Zebua SE MSi dan ibu Siti Amana Harefa. Keberhasilan Uziel juga ikut didukung pembinanya Ibera Zebua/Ina Budi Zebua (mantan anggota DPRD Nias). Offisial Nias pada Olimpiade SD se Sumut ini adalah Anwardin Zega.

Putri Wulan Purnamen Sialagan pelajar klas V SD 2 Gunung Sitoli meraih juara III tenis meja mendapat dukungan orang tuanya MK Sialagan dan ibu Hade Lase.

Atlet catur putra Desta Arofa Faatulo Zendrato klas II SD negeri Sisobahili I Kecamatan Hilidua didukung orang tuanya Faudu Asa Zendrato/Yundarlina Zebua. Atlet catur putri Engeliha Safira Nazara klas II SD Mutiara Gunung Sitoli didukung orang tuanya R Nazara SH/Juangi Kurniawati SE. Sedangkan atlet bulutangkis Haga Lazuardi Putra Harefa klas IV SD Mutiara didukung orang tuanya Analisman Arefa/Suryawati Laoly.

Seperti diketahui Olimpiade tingkat SD berlangsung setiap tahun. Seorang atlet asal Nias Sasminta juara I tenis lapangan tahun 2007 membawa nama Sumut bertanding di Jakarta. Begitu juga pada olimpiade tahun ini juara-juara akan bertarung di Jakarta membawa nama Sumut dan dijadwalkan juara-juaranya akan bertemu dengan presiden pada acara peringatan 17 Agustus 2008.

Maka para orangtua kontingen Nias yang turut mendukung anaknya menghimbau agar semua pihak termasuk anggota dewan bisa memberi perhatian bagi persiapan atlet untuk olimpiade 2009. Bukan saja masalah pendanaan tapi juga mempersiapkan sarana yang dibutuhkan untuk latihan rutin menjelang olimpiade. Karena tujuan olimpiade SD ini adalah menjaring atlet usia dini guna mendukung olahraga Indonesia ke depan. (M7/v) (SIB, 19 Juni 2007)

Facebook Comments