Kantor berita Mesir mengataan Israel dan kelompok militan Palestina Hamas sepakat akan gencatan senjata yang dimulai hari Kamis.

Kantor berita MENA hari Selasa mengutip seorang pejabat senior yang tidak disebut namanya mengatakan tahap pertama gencatan senjata adalah masa-masa tenang di jalur gaza, yang akan dimulai hari Kamis pagi.

Menurut kesepakatan tersebut Palestina akan menghentikan serangan roket dan mortir dan Israel secara bertahap akan mencabut blokade yang melumpuhkan di Gaza.

Para pejabat Hamas mengatakan mereka bertekad akan menjalankan gencatan sennjata tersebut. Para pejabat Israel belum mengkonfirmasi kesepakatan itu, namun juru bicara pemerintah Mark Regev mengatakan akan ada realita baru di kawasan itu jika Palestina menghentikan serangan-serangan.

Amerika mengatakan akan menyambut baik genjatan senjata itu. Namun juru bicara Departemen Luar Negeri Tom Casey mengatakan kesepakatan yang belum terlaksana itu tidak akan mengubah pandangan Amerika terhadap Hamas sebagai organisasi teroris.

Pengumuman gencatan senjata hari ini menyusul 2 serangan udara Israel di Gaza yang kata pejabat Palestina menewaskan 6 orang Palestina. (VOA, Suara Amerika, 17/07/09)

Facebook Comments