Disaksikan sekitar 15 ribu orang di luar dan 20 ribu orang di dalam sebuah auditorium di St. Paul, Minnesota, Senator Barak Obama mengumumkan ia telah memenangi nominasi presiden dari Partai Demokrat.

Sampai hari ini (Kamis) Obama mengantongi 2,158 suara delegasi dan menang pada pemilihan pendahuluan di Montana with 56 persen suara populer.

“Malam ini, Minesota, setelah kontes yang berlangsung ketat, musim pemilihan pendahulan kita berakhir,” kata Obama.

Obama mengatakan ia bisa meraih nominasi karena apa yang telah dikatakan orang, “karena mereka telah memutuskan bahwa tahun ini adalah tahun yang harus berbeda dari tahun-tahun lain” dan karena mereka memutuskan tidak mendengarkan kekuatiran dan ketakutan mereka.

“Malam ini kita menandai akhir dari sebuah perjalanan bersejarah dengan permulaan sebuah perjalanan baru,’ katanya, ‘Sebuah perjalanan yang akan membawa suatu hari baru dan lebih baik bagi Amerika. Karena Anda sekalian, malam ini saya berdiri di sini dan mengatakan bahwa saya akan menjadi calon Presiden Amerika dari Partai Demokrat.”

Pengumumannya memancing aplaus yang menggemuruh.

Obama berterima kasih kepada semua orang di Montana dan South Dakota yang memilih ‘perubahan’ pada pemilihan pendahuluan di kedua negara bagian.

Dalam pidato kemenangannya, Obama tidak lupa menyampaikan pujian kepada para saingannya separtai, terutama Senator Hillary Clinton.

“Pada momen yang menentukan ini untuk bangsa kita, kita harus bangga bahwa partai kita telah menempatkan individu-individu paling berbakat dan berkualitas untuk bertarung dalam meraih kursi kepresidenan. Saya baru saja berkompetisi dengan mereka sebagai saingan, saya telah belajar dari mereka sebagai teman-teman, sebagai pegawai publik, dan sebagai insan-insan patriot yang mencintai Amerika dan yang bersedia bekerja tanpa kenal lelah untuk membuat negeri ini lebih baik. Mereka adalah para pemimpin partai ini, dan para pemimpin tempat bangsa Amerika berharap untuk tahun-tahun mendatang.”

“Hal ini merupakan fakta khusus bagi kandidat yang telah berkeliling jauh dalam perjalanan ini lebih dari pada yang lain. Senator Clinton telah membuat sejarah dalam kampanye ini, bukan saja karena ia seorang perempuan yang telah melakukan apa yang belum dilakukan perempuan lain sebelumnya, tetapi karena dia seorang pemimpin yang mengilhami jutaan rakyat Amerika dengan kekuatan, semangat, daya juang dan komitmennya untuk alasan yang membawa kita berada di sin malam ini.”

Obama menyampaikan selamat kepada Hillary “atas usaha kompetitif yang dia lakukan selama kontes berlangsung.”

Walau terdapat berbagai perbedaan di antara mereka selama 16 bulan terakhir, Obama secara khusus melihat kecintaan Clinton pada rakyat Amerika.

“Saya bisa mengatakan kepada Anda mengapa Hillary Clinton terjaga pagi ini,” katanya. “Keinginan yang tak terhentikan untuk meningkatkan kualitas kehidupan rakyat biasa Amerika.”

Obama mengatakan Clinton akan memenangi perjuangan untuk menggolkan program kesehatan universal pagi rakyat Amerika. Dan Clinton “akan sentral dalam kemenangan itu.”

“Saya menjadi kandidat yang lebih baik karena mendapat penghargaan bersaing dengan Hillary Rodham Clinton,” katanya.

Karena pemilihan pendahuluan ini, jutaan anak muda, Afrika-Amerika, Hispanik-Amaerika dan perempuan “telah memberikan suaranya dalam suatu rekor yang telah mengilhami sebuah bangsa,” kata Obama.

“Kita (Partai Demokrat) bukanlah alasan mengapa Anda memberikan suara – Anda tidak melakukan itu karena saya atau Sentaor Clinton atau yang lain. Anda melakukannya (memberikan suara – Red) karena dalam hatimu, engkau tahu … kita tak sanggup lagi melakukan apa yang telah dan kini sedang kita lakukan.”

Waktunya sekarang memulai jalan baru bagi Amerika baru, katanya, dan kita berutang kepada anak-anak kita dan kepada negeri ini untuk masa depan yang lebih baik.

Obama kemudian mengambil kesempatan berkomentar atas Sen. John McCain, kandidat Partai Republik, yang memusatkan pidatonya sebelumnya malam itu atas kebijakan dan kualifikasi Obama.

“McCain adalah seorang yang telah mengabdi kepada negeri kita secara gagah berani,” kata Obama.

“Kita menghargai pengabdian John McCain.”

“Saya menghargai banyak keberhasilannya,” katanya, “meskipun dia memutuskan menyangkal capaian – capaian saya.”

Perbedaan-perbedaan antara mereka bukan personal, katanya, tetapi berdasarkan atas apa yang telah diusulkan McCain dalam kampanyenya.

“Yang bukan pilihan adalah membiarkan tentara kita di Irak selama 100 tahun ke depan,” kata Obama.

“Kita harus hati-hati keluar dari Irak karena kita gegabah memasukinya.”

Obama mengatakan definisinya tentang perubahan jauh berbeda dari definisi versi McCain.

“Sekali lagi kita harus memiliki keberanian dan keyakinan untuk memimpin dunia yang bebas,” katanya. “Itulah tuntutan rakyat Amerika. Itulah yang disebut perubahan.”

“McCain tidak mengerti bentuk perubahan yang diharapkan rakyat Amerika,” katanya.

Pemilihan lokasi Obama menyampaikan pidato cukup ironis karena lokasi ini nanti yang akan dipakai oleh Partai Republik untuk menyelenggarakan Konvensi Nasional.

“Pihak sana akan datang ke sini bulan September dan menawarkan kebijakan dan posisi-posisi yang bebreda. Dan itu hal yang baik. Hal yang saya tunggu-tunggu.”

“Amerika, ini adalah momen kita. Inilah waktu kita. Waktu kita untuk membalikkan halaman kebijakan masa lalu. Waktu kita untuk membawa energi baru dan ide-ide baru pada tantangan-tantangan yang kita hadapi. Waktu kita untukmenawarkan sebuah arah baru untuk negeri yang kita cintai ini. Perjalanan akan sulit dan jalan-jalan kita akan panjang.”

Obama akan menghadapi tantangan ini dengan “kepercayaan yang tak berhingga pada rakyat Amerika karena kalau kita bersedia berjuang untuk itu, maka beberapa generasi dari sekarang, kita akan mampu melihat kembali ke belakang dan mengatakan … Itulah momennya dulu. Itulah saat kami datang bersama.”

Sementara itu diberitakan bahwa Hillary Clinton akan menyampaikan pidato penerimaan kekalahan dan dukungan terhadap Obama, demikian pernyataan tim kampanye Clinton.

“Senator Clinton akan menjadi tuan rumah sebuah perhelatan di Washington, DC untuk menyampaikan terima kasih kepada para pendukungnya dan menyampaikan dukungannya kepada Senator Obama dan persatuan partai,” kata pernyataan itu.

Pengumuman kubu Clinton ini mengakhiri kompetisi ketat pemilhan pendahulan Partai Demokrat yang berlangsung selama 5 bulan, dan juga akan mempercepat proses menyatukan para pendukung kedua kubu untuk berhadapan dengan Senator John McCain dari Partai Republik. (Pendulum/Telegraph)

Facebook Comments