* Perpisahan dengan Pendeta lama
* Pelantikan Pendeta baru

Pada hari Minggu tanggal 25 Mei 2008 di Gereja BNKP Distrik Batam telah berlangsung pelantikan pendeta baru dan perpisahan dengan pendeta lama di lingkungan Gereja BNKP Distrik Batam. Pendeta lama Pdt. El. Gea, S.Th. yang melayani sejak 8 Oktober 2006 hingga 25 Mei 2008 digantikan oleh Pdt. Drs. Afolo Daeli, MA.

Ibadah dipimpin oleh Pdt. Amosi Lömbu sedangkan renungan dipimpin oleh Pdt. B.Zega.M.Th.

Sesuai dengan keputusan BPMD bahwa sudah saatnya ada Mutasi pelayanan atau pindah tugas pelayanan Pendeta dan ini berlaku di lingkungan kerja BNKP.

Selama di Batam, Pdt. El. Gea STh. aktif melayani Tuhan dan jemaat antara lain melakukan pemberitaan Firman Tuhan (Khotbah) setiap hari Minggu, melakukan Baptisan Anak, melakukan Baptisan sekolah Sidi, melakukan pemberkatan pernikahan, mengontrol pelayanan di setiap sektor, dan lain – lain. Jemaat BNKP Batam berterima kasih atas segala pelayanan Pendeta El Gea, mengucapkan selamat Jalan dan berharap di kemudian hari bisa bertemu kembali dengan pendeta yang dikasihi.

Dalam kata perpisahannya, Pdt.El. Gea, STh. menyampaikan permintaan maaf apabila ada kesalahan yang diperbuat selama melayani jemaat di lingkungan Gereja BNKP Distrik Batam.

Pendeta El.Gea, STh. akan bertugas melayani Jemaat BNKP Betania Distrik BNKP Ombölata di Nias.
Rencananya Beliau akan berangkat dari batam menuju nias hari selasa tanggal 27 Mei 2008.

Gereja BNKP Distrik Batam kini dilayani oleh Pdt.Drs. Afolo Daeli, MA , yang sebelumnya melayani di Sibolga. Jemaat Gereja BNKP Distrik Batam mengucapkan ‘Selamat Datang’ kepada Pendeta baru untuk melayani Tuhan dan Jemaat di Distrik BNKP Batam. Jemaat menyambut dengan bahagia dan rasa sukacita kedatangan beliau. Diharapkan kehadiran pendeta baru Pdt.Drs. Afolo Daeli, MA dapat memberikan terobosan dan pembaharuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga Iman jemaat semakin bertumbuh dan berkembang. Demikian Bapak Rusueli Gulö dalam kata sambutannya mewakili Majelis.

Pelantikan yang dipimpin oleh Pdt. B. Zega, MTh berlangsung dengan baik. Serah terima berlangsung secara simbolis dari Pdt. El.Gea STh kepada Pdt.B.Zega, M.Th dan dari Pdt.B.Zega, M.Th diteruskan kepada Pdt. Drs.Afolo Daeli, MA. Serah terima diteruskan dengan penandatanganan surat jabatan yang disaksikan oleh Pdt.B.Zega, M.Th, Bp.Pdt.El.Gea.S.Th, Pdt. Amosi Lömbu, Ibu Linus Gea dan Bapak Ros La’ia dan dipandu oleh Bapak Linus Gea. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Pendeta baru dan di susul dengan penyerahan bingkisan kepada Pdt.El.Gea, STh. (Berita: Berkat Jaya Lase, AMd – Kontributor Berita Yaahowu di Batam) – Redaksi: Foto-foto terkait dapat dilihat di Galeri Yaahowu (Nias Dalam Gambar).