Sibolga (SIB)
Pasca kenaikan harga BBM oleh Pemerintah, tarif kapal penumpang dan kapal barang di Pelabuhan Sibolga mengalami kenaikan hingga 15 persen. Bahkan beberapa perusahaan jasa transportasi laut lainnya juga memberlakukan kenaikan yang bervariasi mulai dari 15 persen hingga 40 persen.

Informasi diperoleh wartawan, Minggu (25/5) dari beberapa pengusaha jasa transportasi laut di Pelabuhan Sibolga membenarkan kenaikan tarif tersebut akan diberlakukan mulai hari ini, Senin (26/5).

“Tarif kapal niaga pengangkut barang dan penumpang dari Pelabuhan Sibolga rute Sibolga – Simeulu, Sibolga – P Nias , Sibolga – P Tello mengalami penyesuaian secara bervariasi mulai dari 15 persen,” kata Ketua INSA (Perkumpulan Kapal Niaga, red) Sibolga – Tapanuli Tengah H Sukri Tanjung menjawab wartawan.

Menurutnya, penyesuaian ongkos tersebut merupakan keputusan bersama yang diambil pengusaha kapal menindaklanjuti saran Pemerintah perihal penyesuaian ongkos hingga 15 persen.
Hal senada juga diungkapkan Manager Operasional Kapal Zumbo Jet Surya Gemilang Renold Simamora SE, penyesuaian ongkos Zumbo Zet Sibolga – P Nias mengalami kenaikan mulai dari 15 persen.

“Biasanya tarif tiket/ penumpang Rp 106.000 namun mulai Senin ini diberlakukan hingga mencapai Rp 150.000,” katanya seraya mengaku kenaikan ongkos tersebut sangat terpaksa diambil manajemen sebagai imbas kenaikan biaya operasional yang biasanya Rp 15 Juta/estafet meningkat menjadi Rp 25 Juta/estafet.

Belum ada Reaksi
Pantauan wartawan di sejumlah SPBU di Kota Sibolga belum terlihat antrean kenderaan yang mengisi BBM pasca kenaikan harga. Demikian juga halnya reaksi di tengah masyarakat terkesan adem-adem aja tidak terlihat suatu reaksi protes seperti yang marak terjadi saat ini di sejumlah kota lainnya. (T3/v) (SIB, 26 Mei 2008)

Facebook Comments