MUSKOGEE, RABU – Seorang mahasiswa tingkat pertama yang baru berusia 19 tahun secara mengejutkan terpilih menjadi wali kota. John Tyler Hammons, mahasiswa University of Oklahoma, terpilih menjadi Wali Kota Muskogee dan memimpin 38.000 warga kota di negara bagian Oklahoma itu, Selasa (13/5) atau Rabu (14/5) waktu Indonesia.

Dari semua kelurahan (precint) yang melaporkan hasil pemungutan suara, Hammons meraup 70 persen. Ia bahkan mengalahkan mantan Wali Kota Hershel Ray McBride, kata Bill Bull, Sekretaris Badan Pemilihan Muskogee County. “Kepercayaan publik pada saya adalah segalanya, dan ini pengalaman paling hebat dalam hidup saya,” kata Hammons, warga Muskogee yang kuliah di Norman.

Kedua kandidat sama-sama berangkat sebagai calon nonpartisan. Dalam pemilihan awal dengan enam kandidat, tidak satu pun dari mereka yang menang lebih dari 50 persen pada 1 April sehingga harus diadakan pemilihan ronde kedua.

Hammons yang akan diambil sumpah pada pekan depan mengatakan, ia berencana melanjutkan kuliahnya. Namun ia bermaksud transfer ke universitas yang lebih dekat dengan Muskogee. “Terpilih menjadi wali kota tidak membuat saya berhenti kuliah. Kami akan menjadwalkan waktu sebaik mungkin sehingga saya bisa menjalankan tugas wali kota sambil kuliah,” kata Hammons.

Hammons menggantikan Wren Stratton yang memutuskan tidak ikut pemilihan lagi setelah menjalani satu periode. Ia akan memimpin dewan kota yang beranggota sembilan orang. Mereka bertugas mengambil suara atas keputusan yang akan diambil.

Hammons mengatakan, programnya yang cocok dengan keinginan warga adalah keterbukaan dan membuat warga tahu tentang operasional kota. “Menurut saya kepercayaan warga terhadap Muskogee sudah rusak. Begitu mendapat kepercayaan itu, kami bisa memecahkan setiap persoalan,” kata Hammons.

Sumber: http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/14/13513223/umur.19.tahun.jadi.wali.kota, OL. tgl. Rabu, 14 Mei 2008

Facebook Comments