Gempa Besar Menggoncang Cina

Monday, May 12, 2008
By nias

Gedung-gedung tinggi di Cina dan di beberapa kota Asia lain seperti Bangkok bergoyang akibat gempa besar berkekuatan 7.8 SR yang terjadi di Cina barat daya.

Bangunan-bangunan telah ambruk di kota Wenchuan tetapi belum ada korban yang dilaporkan. Sarana komunikasi ke kota itu dikuatirkan lumpuh, hubungan telepon kabel dan telepon genggam tidak dapat dilakukan.

Perdana Menteri Wen Jinbao meninggalkan Beijing dan mencoba mencapai pusat gempat setelah goncangan terjadi pada pukul 06.28 GMT pada kedalaman hampir 30 km. Keputusan mengirim pejabat senior itu mengindikasikan kekuatiran akan jatuhnya banyak korban dari gempa yang terjadi dekat daerah yang sebagian besar penduduknya orang Tibet yang baru-baru ini melakukan protes besar-besaran anti pemerintah Cina.

Laporan-laporan korban sudah mulai masuk. Empat orang anak-anak meninggal di pinggiran barat daya kota Chongqing di mana gempa meruntuhkan dua gedung sekolah dasar. Lebih dari seratus anak-anak mengalami luka-luka.

Tentara sudah dikirim untuk menolong para korban di Wenchuan di barat daya provinsi Sichuan yang berpenduduk sekitar 110,000. Tian Yixiang, yang bekerja untuk kantor darurat Tentara Pembebasan Rakyat, mengatakan tentara akan membantu pemerintah daerah di sana. Wenchuan dikenal sebagai tuan rumah Wolong Nature Reserve, basis riset dan pembiakan panda terkenal. Hubungan telefon ke Wenchuan tidak dapat dilakukan.

Pemerintah prefektur Aba di Provinsi Sichuan mengatakan gedung-gedung telah banyak yang ambruk dan retak. Jalan-jalan pegunungan pada rusak.

Goncangan gempa dirasakan di Vietnam dan Thailand, yang mengejutkan pada karyawan di gedung-gedung tinggi di berbagai kota. Di Beijing para karyawan panik dan berbondong-bondong keluar gedung-gedung perkantoran.

Salah satu gedung tertinggi Cina, Menara Jinmao di Shanghai, dan gedung-gedung tinggi lain diperintahkan untuk dievakuasi segera setelah goncangan terasa.

Menurut catatan, gempa terbesar di Cina sepanjang sejarah abad modern terjadidi kota Tangshan pada 27 Juli 1976 yang menewaskan 250,000 orang. Goncangan berlangsung selama 15 detik dan meratakan 90% gedung di kota itu. Gempa itu merupakan gempa yang terbanyak memakan korban di abad 20. (*)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2008
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031