*Adpel Tak Keluarkan Izin Berlayar

SIBOLGA – Petugas Lalu Lintas Laut Adpel Sibolga mengingatkan para pemilik maupun perusahaan pelayaran berhati-hati dan tetap waspada jika menempuh rute Sibolga-Nias, mengingat gelombang dan ombak besar setinggi 3-4 meter dalam dua hari terakhir melanda perairan tersebut.

“Gelombang dan ombak besar saat ini cukup tinggi mencapai 3 sampai 4 meter. Menurut data BMG bukan saja mengancam jalur laut Sibolga-Nias namun secara keseluruhan pantai barat Sumatera Utara,” kata petugas Lalu Lintas Laut Adpel Sibolga Bresman Sirait kepada Waspada di Sibolga, Jumat (25/4).

Menurut Sirait, dalam dua hari ini kapal-kapal cepat yang melayani pelayaran Sibolga-G.Sitoli Nias terpaksa kembali ke Sibolga, karena tidak mampu menembus ombak yang besar. Hanya kapal-kapal besar milik ASDP yang masih mampu menembus besarnya ombak, namun apabila berangkat dari Sibolga yang seharusnya tiba keesokan harinya pukul 06.00 di G.Sitoli Nias terpaksa tiba pukul 12.00 di Nias, karena kapal-kapal itu terpaksa berlayar pelan dan berhati-hati.

Kata Sirait, pihak Adpel Sibolga tidak mengeluarkan izin berlayar kalau memang cuaca tidak memungkinkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dia menambahkan, jika terjadi gelombang besar, kapal-kapal ikan biasanya berlindung di pulau-pulau. Menurut pantauan Waspada di Pelabuhan Samudera Sibolga, saat ini banyak kapal yang bersandar karena tidak berani berlayar. (c09) (Waspada, Sabtu 16 April 2008)

Facebook Comments