*Sedang dalam pengujian – bisa menghasilkan 5 MW listrik

Generator turbin angin terbesqr di dunia sedang dalam pengujian di Laut Utara, sekitar 25 m lepas pantai Skotladia bagian timur dekat ladang minyak Beatrice. Ini untuk pertama kalinya turbin-turbin besar lepas pantai ini diuji di tempat, juga merupakan yang pertama generator turbin angin dipasang di laut yang cukup dalam – dengan kedalaman 44 m. Pemasangan berlangsung pada bulan Agustus 2006.

Prototip turbin yang sama sudah beroperasi di Brunsbüttel, Jerman, sejak 2004, yang membutuhkan 1300 meter kubik foundasi beton yang dibuat dari 40 pilar beton sepanjang 24 meter dan 120 ton baja. Pada bulan Desember 2006 dua turbin angin lain berkapasitas 5 MW sudah dipasang di lapangan pengujian DEWI-OCC di Cuxhaven, Jerman, dan sudah beroperasi. Lokasi Cuxhaven dekat dengan tanggul penahan air laut Utara. Ada rencana untuk memasang sejumlah turbin raksasa ini di lokasi lain.

Turbin-turbin RePower buatan Jerman memiliki kapasitas 5 MW dengan sudu rotor berdiameter 126 meter dengan daerah sapuan angin seluas 12,000 m2. Keluaran daya maksimum dicapai pada kecepatan angin 13.5 m/detik, namun daya sebesar 2 MW masih bisa dibangktkan pada kecepatan angin rendah. Rotor-rotor turbin mulai berputar pada kecepatan angin 3 m/detik, dan akan berhenti secara otomatis bila angin mencapai kecepatan 30 m/detik.

Pengendalian daya dicapai dengan blade pitching yakni memalingkan sudu-sudu rotor secara individual dari arah angin yang kuat untuk mencegah kerusakan struktur.

Setiap turbin ini memiliki berat lebih dari 900 ton termasuk menara setinggi 120 m yang harus ditanamkan secara kokoh pada dasar laut. Setiap sudu turbin panjangnya 61.5 meter dengan berat 18 ton. LM Glasfiber, pembuat turbin, telah menunjukkan prestasi meminimalan bobot turbin sehingga mengurangi biaya dan efek terhadap lingkungan.

Pembangkit tenaga turbin angin seperti itu sangat cocok untuk lokai lepas pantai yang memiliki kecepatan angin tinggi dan konsisten serta turbulensi yang minimal. Berdasarkan kecepatan angin yang direkam di lokasi lepas pantai Beatrice, turbin ini akan beroperasi selama sekitar 96% dari jumlah hari per tahun (8440 hari) dan membangkitkan daya penuh sebesar 5 MW selama 38% jam operasi per tahun (3300 hari). (Sumber: www.reuk.co.uk).

Koreksi 16 Juli 2008:
“8440 hari” pada kalimat terakhir seharusnya: “8440 jam”
“3300 hari” pada kalimat terakhir seharusnya: “3300 jam”

Facebook Comments