Medan (SIB)
Ketua Panwaslih Gubsu/Wagubsu David Susanto SE menegaskan, bobroknya kinerja KPUD Sumut, terutama dalam memutakhirkan data DPT (Daftar Pemilih Tetap) menjadi salah satu penyebab utama pelaksanaan Pilgubsu 2008 kacau.

Hal tersebut dikemukakan David Susanto, Selasa (22/4) di Medan, sekembalinya melakukan monitoring dan pengawasan Pilgubsu di sejumlah daerah di Sumut, di antaranya Kabupaten Tobasa, Taput, Sibolga, Tapteng, Nias dan Nias Selatan (Nisel).

David yang didampingi Ketua Panwaslih Sibolga Syofyan Sauri Nasution, anggota Asah Damai Simajuntak, dan Ketua Panwaslih Tapteng Syafran Matondang serta anggota Syafwanuddin menyebutkan, selain buruknya kinerja KPUD dalam memutakhiran data, keaktifan anggota KPU secara umum, terutama di kabupaten/kota, juga menjadi pelengkap semakin kacaunya pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Bayangkan saja, di Nias Selatan, sehari sebelum hari “H” Pilgubsu, Ketua KPUD Nias Selatan masih berada di Belawan, karena tempat tinggal Ketua KPUD Nias Selatan tersebut di Belawan. Ini-kan kacau. Padahal, hari “H” Pilgubsu merupakan puncak kesibukan persiapan pelaksanaan Pilgubsu, tapi Ketua KPUD-nya selaku pelaksana Pilgubsu, justru tidak berada di daerahnya,” ujarnya.

David Susanto juga menyebutkan, penyebab kekacauan paling utama adalah kesemrawutan data DPT, karena hampir semua persoalan yang ditemukan di lapangan menyangkut kesemrawutan data DPT. Dari beberapa laporan, terungkap ada kecenderungan KPU tidak melakukan pemutakhiran data DPT.

Karena itu, kata David, kuat dugaan data pemilih yang digunakan dalam Pilgubsu 16 April 2008 masih DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pilkada) bersumber dari Desk Pilkada Pempropsu, bahkan ada seorang warga yang memperoleh tiga kartu pemilih. Ada pula dalam satu keluarga tidak semua mendapat kartu pemilih. Ini menjadi indikasi kuat bahwa KPUD Sumut dan kabupaten/kota, tidak melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Tidak tertutup kemungkinan, data yang dipakai dalam Pilgubsu data Pilpres 2004. Tidak heran, bila banyak yang sudah meninggal beberapa tahun silam, masih masuk di DPT,” tandas David. (M10/x) (Sumber: SIB, 23 April 2008)

Facebook Comments