Senator Clinton membendung laju langkah Obama dengan kemenangannya di Ohio.

“Masyarakat Ohio telah menyatakan dengan keras dan jelas, kita akan maju terus. Kita akan semakin kuat. Dan kita akan terus sampai akhir,” kata mantan ibu negara Amerika itu di tengah masa pendukungnya yang bersemangat.

“Kepada setiap orang yang jatuh dan bangkit kembali dan kepada setiap orang yang bekerja keras dan tak pernah menyerah, kemenangan ini adalah untuk Anda. Anda tahu apa yang mereka katakan. Seperti Ohio, demikian juga bangsa Amerika,” katanya.

“Kita terlibat dua perang di luar negeri, kita tengah diancam oleh resesi dalam negeri. Para pemilih menghadapi pertanyaan kritis. Siapa yang telah teruji dan siap yang siap menjadi kepala staf pada hari pertama ? Dan siapa yang akan memperpaiki kondisi perokonmian kita karena hal ini sangat kita butuhkan ?” kata Sentaor Clinton.

Dari lebih dari 50 persen suara yang masuk di Ohio, Senator Clinton telah unggul 58 persen dibanding Obama yang meraih 41 persen.

Di texas, Senator Clinton mempimpin 59-48 dari hasil yang masuk di sekitar sepertiga jumalh distrik.

Senator Obama menang mudah di Vermont sementara Senator Clinton unggul di Rhode Island.

John McCain Calon Partai Republik
John McCain akhirnya terpilih menjadi calon Partai Republik setelah menang atas rival tunggalnya Mike Huckabee di empat pemilihan pendahuluan: Texas, Ohio, Vermont dan Rhode Island. Ini merupakan comeback politik luar biasa bagi McCain yang di pertengahan tahun 2007 mengalami kesuraman prospek. Kemenangan di Texas, Ohio, Vermont dan Rhode Island mengantar McCain, seorang veteran perang Vietnam, pada garis kemenangan 1,191 delegasi.

McCain telah menyampaikan garis-garis besar kebijaksanaan politiknya: memerangi ekstrimis Islam, tetap membuka ekonomi Amerika terhadap perdagangan dunia dan menurunkan pajak.

“Terima kasih Texas, Ohio, Vermont dan Rhode Island,” kata Senator McCain, yang pada pemilihan presiden mendatang akan mencapai usia 76 tahun, usia tertinggi seorang presiden Amerika yang terpilih pada periode pertama kepresidenan.

“Dan dengan sangat senang saya mencatat bahwa malam ini, kawan-kawan, kita telah memenangi jumlah delegasi yang cukup untuk mengkalim dengan keperayaan diri, kesahajaan, dan rasa tanggung jawab yang besar, bahwa saya akan menjadi calon Partai Republik untuk jabatan kepresidenan Amerika Serikat,” katanya. (*)

Facebook Comments